Find Us On Social Media :

Tips Praktis Memberikan Susu Formula di Dalam Botol untuk Balita (1)

By Birgitta Ajeng, Sabtu, 30 Agustus 2014 | 06:00 WIB

Tips Praktis Memberikan Susu Formula di Dalam Botol untuk Balita (1)

Intisari-Online.com - Tidak ada susu formula yang menyamai ASI dan para ahli menyetujui bahwa ASI adalah susu bayi yang terbaik. Bagi ibu yang tidak dapat memberikan ASI-nya, terpaksa akan memberikan bayinya susu formula. Berikut ini adalah tips praktis memberikan susu formula di dalam botol untuk balita seperti ditulis di dalam buku Makanan Selingan Balita.

1. Berikan dengan kasih sayang

Memberikan susu botol harus dengan kehangatan dan kasih sayang dengan dekapan rapat dan pandangi mata si kecil serta ajak bicara, sama seperti pemberian ASI.

(Baca juga: Cara Menghentikan Pemberian ASI Kepada Batita)

2. Jangan dibiarkan memegang botol sendiri

Jangan dibiarkan memegang botol sendiri karena selain kehilangan kesempatan menimang sambil memegang erat tubuhnya, ini juga berbahaya jika posisi botolnya terlepas. Tidak dibenarkan juga memakai alat agar botol tetap di mulut tanpa dipegangi.

3. Susu hangat

Usahakan susu yang diberikan dalam keadaan hangat, jika misalnya dingin karena disimpan dalam lemari es, rendamlah botol tersebut dalam air panas agar mencapai suhu kamar.

4. Susu jangan dipanaskan

Tidak dibenarkan untuk memanaskan ASI atau susu formula di dalam microwave, kemungkinan botol pada saat diraba dingin, tetapi di dalamnya panas sekali karena panas microwave tidak merata. Untuk ASI, jika dipanaskan di dalam microwave dapat berubah komposisinya.

(Baca juga: Energi dan Zat-zat Gizi yang Diperlukan Anak-anak Usia Sekolah)

5. Lubang dot tidak terlalu besar