Find Us On Social Media :

Bagaimana Mengonsumsi Minuman Beralkohol yang Aman?

By Mohamad Takdir, Minggu, 31 Agustus 2014 | 20:30 WIB

Bagaimana Mengonsumsi Minuman Beralkohol yang Aman?

Intisari-Online.com - Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol merusak kesehatan. Namun jika dalam jumlah sedikit tidak. Bagaimana mengonsumsi minuman beralkohol yang aman?

Dokter spesialis penyakit dalam gastroenterologi hepatologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia - Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI/RSCM) L A Lesmana mengatakan, konsumsi minuman beralkohol tidak lantas menyebabkan kanker hati, asalkan tidak diminum berlebihan.Jika hanya diminum sedikit minuman beralkohol tidak membahayakan kesehatan. Umumnya dalam keadaan bersosialisasi hal seperti ini ditemukan.Bagaimana mengonsumsi minuman beralkohol yang aman? Menurut Lesmana, orang yang memiliki kebiasaan minum minuman beralkohol hanya pada kesempatan-kesempatan tertentu belum ada yang berujung pada sirosis atau pengerasan hati. Kondisi tersebut memperbesar risiko kanker hati, meskipun tidak semua kasus sirosis bermuara pada kanker hati.

Sejumlah penelitian menunjukkan manfaat dari minuman beralkohol, misalnya red wine atau wine yang terbuat dari anggur merah. Misalnya penelitian baru-baru ini yang mengungkap kandungan resveratrol di red wine dapat memberikan efek antipenuaan pada daya ingat seseorang.

Bagaimana mengonsumsi minuman beralkohol yang aman? Kuncinya adalah jangan berlebihan dan kalau hanya untuk keadaan bersosialisasi dan jumlah sedikit, sebenarnya aman.