Find Us On Social Media :

Kopi Bisa Menyehatkan Gigi, Lho!

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 11 September 2014 | 13:00 WIB

Kopi Bisa Menyehatkan Gigi, Lho!

Intisari-Online.com - Perdebatan terkait manfaat dan bahaya kopi bagi gigi masih mengemuka hingga sekarang. Sebuah penelitian pernah menyebut, minum kopi membuat gigi kusam dan kekuningan. Betul. Seolah tak mau kalah, sebuah penelitian paling mutakhir mengatakan, kopi bisa menyehatkan gigi. Lho, kok bisa?

Tim peneliti dari Universitas Boston mengungkap temuan baru ini; minum kopi justru akan membantu melindungi gigi dari penyakit periodontal seperti peradangan gusi dan tulang rahang. Sebanyak seribu orang dewasa dengan usia maksimal 30 tahun dilibatkan dalam penelitian ini.

Dari pengamatan terhadap seribu orang itu, peneliti menemukan bahwa orang-orang yang minum satu cangkir kopi atau lebih setiap harinya, lebih sedikit mengalami gangguan gigi. Selain meminimalkan terjadinya penyakit periodontal, minum kopi juga diyakini bisa menghentikan perkembangan bakteri yang biasa mengumpul di gigi.

Sedikit mengenai periodontal. Periodontal adalah jaringan yang menghubungkan antara gigi dan tulang penyangga gigi. Penyakit ini disebabkan adanya infeksi akibat bakteri yang menempel pada gigi. Penyakit ini menyebabkan gigi menjadi goyang, dan akhirnya putus.

Seperti yang sudah disebut, meminum kopi diyakini ampuh mencegah perkembangan bakteri yang tumbuh di gigi. Tak hanya itu, kandungan antioksidan yang terdapat dalamnya juga bisa mencegah penumpukan plak pada permukaan gigi.

Raul Garcia, salah satu penulis dalam riset itu menegaskan, kopi bisa mematikan proses inflamasi dalam tubuh yang biasanya akan berbahaya pada gusi dan tulang rahang gigi.

Memang, meminum kopi tetap akan membuat gigi kita kusam. Bagi Garcia, itu adalah hal yang sangt lumrah. Tapi, untuk diketahui, kadar asam pada kopi lebih sedikit dibandingkan dengan beberapa minuman lain seperti jus buah, soda, juga minuman berenergi. Dan setiap minuman yang mengandung asam, berpotensi untuk merusak gigi.

Jadi, selama masih dalam takaran yang tepat, jangan takut meminum kopi. Karena dari riset yang dilakukan oleh Garcia, dkk., kopi bisa menyehatkan gigi. Silahkan membuktikan. (Kompas.com)