Find Us On Social Media :

Lima Manfaat Mengonsumsi Kacang-kacangan

By Chatarina Komala, Minggu, 5 Oktober 2014 | 06:00 WIB

Lima Manfaat Mengonsumsi Kacang-kacangan

Intisari-Online.com  - Kacang-kacangan merupakan makanan yang kaya akan nutrisi. Kacang rendah kalori, membuatnya mampu dikonsumsi dalam bentuk apa pun. Sebagai contoh, kacang hijau mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Sementara itu, kacang merah dan kacang kedelai juga baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Berikut adalah lima kandungan nutrisi dan manfaat mengonsumsi kacang-kacangan.  

1. Protein

Kacang-kacangan kaya akan kandungan protein. Mengonsumsi kacang mampu menyediakan asupan protein yang cukup bagi tubuh.

2. Kalsium

Bertentangan dengan kepercayaan populer, mengonsumsi kacang-kacangan mampu memenuhi asupan kalsium bagi tubuh, khususnya untuk mengurangi dampak nyeri sendi ataupun penyakit terkait. Kacang hijau, misalnya. Mengonsumsi kacang hijau sangat baik untuk mengurangi nyeri otot dan sendi, juga berperan dalam menjaga basa tubuh yang membantu dalam proses pencernaan. 

3. KaliumKacang-kacangan merupakan sumber kalium yang baik bagi kesehatan jantung. Sebuah penelitian terbaru telah membuktikan, kalium dalam kacang membantu mengurangi risiko stres hingga dua puluh persen. Ini membantu untuk mencegah tekanan darah tinggi dalam tubuh, juga menurunkan tingkat kolesterol jahat dari tubuh. 

4. Vitamin B

Vitamin B punya peran yang sangat penting dalam perkembangan sel-sel otak. Segala bentuk kacang, memiliki kandungan tinggi vitamin B yang dibutuhkan oleh tubuh. Karenanya, mengonsumsi kacang-kacangan akan membantu untuk menjaga kesehatan otak dan sel saraf, juga meningkatkan konsentrasi.Bukan hanya itu, kacang membantu untuk menciptakan sistem pencernaan yang sehat dalam tubuh, serta mencegah sembelit. Secara keseluruhan, mengonsumsi kacang baik untuk menjaga kekebalan tubuh. 

5. Antioksidan

Antioksidan tidak hanya baik untuk tubuh tetapi juga bagi jantung. Kandungan antioksidan dalam kacang ini sangat membantu dalam proses pencernaan. Kacang-kacangan juga kaya akan beta karoten, yang baik untuk indera penglihatan. Beberapa jenis kacang-kacangan bahkan kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan daya kekebalan tubuh dan mencegah risiko terkena flu. Adapun manfaat mengonsumsi kacang-kacangan yang lain di antaranya membuat kita terlihat muda, karena kandungan antioksidan mampu menjaga kulit tetap bersinar. (Magforwomen)