Find Us On Social Media :

Mencegah Anak Agar Tidak Ketagihan Makan Junk Food

By Birgitta Ajeng, Rabu, 8 Oktober 2014 | 12:00 WIB

Mencegah Anak Agar Tidak Ketagihan Makan Junk Food

Intisari-Online.com - Junk food kadang kala tidak sengaja dihadirkan oleh ibu di rumah. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya pengetahuan tentang makanan dan gizi. Berdasarkan buku All About Kesehatan Anak, untuk mencegah anak agar tidak ketagihan makan junk food maka beberapa hal yang perlu dilakukan antara lain.

1. Membiasakan anak makan di rumah dengan masakan ibu

Bagaimanapun, masakan di rumah lebih aman daripada makan di luar. Masakan rumah lebih memerhatikan penggunaan bahan-bahan yang berkualitas. Membiasakan anak dan anggota keluarga lain untuk makan di rumah dan memberi bekal ketika anak ke sekolah tetaplah lebih baik daripada kebiasaan jajan.

2. Membiasakan untuk memasak makanan sehat dan bernilai gizi seimbang

Pengetahuan tentang gizi dan cara memasak mutlak diperlukan oleh ibu agar bisa menciptakan masakan yang sehat dan seimbang nilai gizi bagi anak dan keluarganya.

3. Membiasakan anak untuk memiliki pola makan sehat

Pola makan yang dijalani oleh anak kadang kala tergantung dari pembiasaan orangtua. Ada anak yang tidak suka buah dan sayur karena ternyata memang di rumah jarang disiapkan buah dan sayur. Membiasakan seluruh anggota keluarga suka makanan bervariasi yang sehat diawali dengan menyiapkan makanan yang juga bervariasi dan sehat.

Junk food akan sangat berbahaya apabila dimakan setiap hari karena tidak adanya keseimbangan dengan makanan sehat lainnya. Ketika anak mengonsumsi junk food setiap hari maka berbagai gejala penyakit akan berdatangan seperti kepala sering pusing, mual, sulit menerima makanan lain, dan lambat laun menjadi obesitas.

Di atas sudah dijabarkan beberapa cara untuk mencegah anak agar tidak ketagihan makan junk food. Semoga bermanfaat.