Find Us On Social Media :

Tomat Muda Bikin Mulut Pahit

By Birgitta Ajeng, Sabtu, 11 Oktober 2014 | 08:00 WIB

Tomat Muda Bikin Mulut Pahit

Intisari-Online.com – Di balik begitu banyak manfaat yang terdapat pada buah tomat, Anda juga perlu hati-hati jika akan mengonsumsinya. Terlebih pada tomat muda yang masih berwarna hijau. Ternyata tomat muda bikin mulut pahit.

Siapa yang menduga kalau di dalamnya terdapat kandungan zat citropin dan solanin yang mengandung racun. Kedua zat tersebut termasuk dalam golongan glycoalkaloid.

Apabila zat tersebut masuk ke dalam tubuh akan dapat membahayakan kesehatan Anda. Berdasarkan buku Awas, Ini Dia Buah, Sayur, dan Herbal Beracun (2014), indikasi yang ditimbulkan yaitu jika Anda mengonsumsinya makan akan terasa tidak enak dan sedikit pahit di mulut.

Gejala keracunan ditandai dengan mulut yang terasa seperti terbakar, kemudian dilanjutkan sakit pada perut, mual-mual, serta muntah-muntah.

Oleh karena itu, pastikan Anda mengonsumsi buah tomat yang sudah benar-benar matang. Hal itu dapat menghindarkan Anda dari bahaya racun yang terkandung di dalamnya.

Sebaliknya, tomat yang sudah matang justru aman bila dikonsumsi karena kandungan solanin yang terkandung dalam buah tomat mampu berubah menjadi solanidin yang tidak berbahaya bagi kesehatan.

Di samping itu, Anda tidak dianjurkan mengonsumsi tomat sebelum makan nasi. Jika itu Anda lakukan, maka lambung Anda akan mengalami gangguan, bahkan dapat menyebabkan sakit perut. Faktor penyebabnya tidak lain karena tekanan dalam lambung meningkat secara drastis.

Sesungguhnya manfaat tomat cukup banyak antara lain membantu memulihkan fungsi liver, menyembuhkan penyakit kolera, membantu mengurangi risiko kanker prostat, dan lainnya. Namun, Anda perlu waspada mengonsumsi tomat muda karena tomat muda bikin mulut pahit.