Find Us On Social Media :

Jangan Ragu Berbicara Masalah Seks dengan Pasangan (2)

By Monalisa Darwin D, Senin, 16 November 2015 | 17:30 WIB

Jangan Ragu Berbicara Masalah Seks dengan Pasangan (2)

Intisari-Online.com - Masalah seks memang menjadi masalah umum yang dihadapi banyak pasangan yang sudah menikah. Pasangan sering bingung mengenai frekuensi hubungan seksual. Terapis seks di Chicago, Kimberly A. Sharky, mengatakan bahwa pasangan dapat mengatasi hal tersebut dengan berkomunikasi. Oleh karenanya, jangan ragu berbicara masalah seks dengan pasangan agar hubungan dalam rumah tangga dapat terjaga baik. Dan berikut ini beberapa cara untuk mengajak pasangan berbicara:

6. Jangan mencaci atau meremehkan pasangan

Pada saat berbicara, jangan meremehkan atau memojokkan pasangan. Ajak berbicara dengan baik dan tenang. Jangan lupa untuk juga intropeksi terhadap kesalahan pada diri sendiri. Baik Anda maupun pasangan harus saling memberikan masukan atau ide untuk didiskusikan.

7. Gunakan angle percakapan “saya”

Selalu gunakan kalimat tentang apa yang kita inginkan, bukan apa yang dia tidak lakukan. Jika tidak, hal ini nantinya akan membuat pasangan merasa diremehkan. Misalnya, “Saya ingin mendapatkan sentuhan yang lebih sebelum masuk ke dalam sesi berikutnya”, bukan, “kamu tidak pernah memberiku foreplay yang cukup”.

8. Ingat ekspresi nonverbal kita

Ekspresi atau bahasa tubuh juga penting saat berbicara dengan pasangan, hal ini juga dapat menujukkan perasaan yang sedang dirasa. Pastikan untuk tenang dan siap untuk membicarakan masalah tanpa menimbulkan kemarahan atau frustasi yang justru akan mengacaukan suasana.

9. Memiliki solusi dan terbuka dengan ide pasangan

Bertukar ide wajib dilakukan. Siapkan pula solusi yang kita punya mengenai masalah yang dihadapi. Banyak sumber yang bisa menjadi referensi, mulai dari buku, internet, hingga cerita atau pengalaman teman terdekat. Berikan waktu serta kesempatan masing-masing dari pasangan untuk menyampaikan apa yang ingin dikatakan.

10. Ingat, ini bukan percakapan satu kali

Membicarakan seks bersama pasangan tidak hanya satu kali seumur hidup dilakukan. Beberapa pasangan justru membuat jadwal untuk membicarakan hubungan seksual mereka dan tidak ada salahnya juga untuk rutin memeriksakan kesehatan seksual bersama pasangan. Mulai sekarang, jangan ragu berbicara masalah seks dengan pasangan , ya! Karena ini akan berpengaruh dengan kualitas hubungan dalam rumah tangga. (womansday.com)