Find Us On Social Media :

Ingin Ber-KB, Pelajari Dulu Cara Kerja dari Setiap Alat Kontrasepsi Berikut Ini!

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 17 November 2015 | 17:15 WIB

Ingin Ber-KB, Pelajari Dulu Cara Kerja dari Setiap Alat Kontrasepsi Berikut Ini!

Intisari-Online.com – Ada banyak pilihan ketika membicarakan mengontrol kelahiran. Data federal pada wanita Amerika mengungkapkan bahwa lebih dari 11,6% yang memilih metode aksi panjang, seperti IUD dan implan. Tahun 2006 – 2010, hanya 6 persen wanita dilaporkan menggunakan metode tersebut. Berikut ini pilihan berbagai metode mencegah kehamilan pada pria dan wanita, bagaimana masing-masing metode bekerja, dan seberapa efektif metode tersebut. Inilah cara kerja alat kontrasepsi.

Metode Tingkat kegagalan Cara kerja
IUD Sebuah perangkat berbentuk T yang ditempatkan di uterus, hingga 12 tahun 0,2 – 0,8 % IUD menghasilkan tembaga atau hormon progestin, yang mencegah sperma membuahi telur.
Implan Batang tipis yang dimasukkan di bawah kulit lengan atas wanita 0,05% Implan mengeluarkan hormon progestin  yang membantu menutup sperma mencapai telur.
Suntik Suntikan hormon progestin setiap tiga bulan 6% Progestin mencegah indung telur melepaskan telur dan lendir serviks mengental, untuk memblokir sperma.
Pil Pil mengandung hormon estrogen dan progestin, atau hanya progestin 9% Pil kombinasi menekan pembuahan, lendir serviks mengenal, dan lapisan rahim tipis, yang membuat telur sulit dibuahi. Pil progestin mencegah kehamilan dengan mengentalkan lendir serviks dan menipiskan lapisan rahim. Kadang-kadang ini bisa menekan pembuahan.
Koyo Koyo yang ditempelkan pada kulit dan mengeluarkan hormon estrogen dan progestin 9% Wanita yang memakai ini bisa mengganti koyo baru setiap minggu atau tiga minggu dan dapat memilih tidak menggunakannya ketika menstruasi.
Cincin vagina Sebuah cincin yang bisa ditekuk ditempatkan di dalam vagina, yang mengeluarkan estrogen dan progestin 9% Ini digunakan selama tiga minggu. Harus dibuang ketika periode menstruasi, lalu dipasang lagi yang baru.
Diafragma Dimasukkan ke dalam vagina dengan spermisida sebelum berhubungan seks. 12% Menutup rahim untuk memblokir sperma.
Kondom pria Sarung tipis yang dikenakan pada penis 18% Kondom mencegah sperma mencapai wanita. Kondom karet juga mencegah penularan penyakit infeksi seksual.
Kondom wanita Digunakan pada wanita sebelum berhubungan seks 21% Ini untuk mencegah sperma memasuki tubuh, mirip dengan kondom pria.
Spermisida Berbentuk jel dan busa untuk membunuh sperma. 28% Dapat digunakan bersamaan dengan metode lain untuk mencegah gerakan sperma.
Sterilisasi Prosedur operasi untuk mencegah kehamilan. 1% Wanita dapat menutup tuba falopi atau mengikatnya untuk agar sperma dan telur tidak bisa bertemu. Pria dapat melakukan vasektomi untuk mencegah sperma keluar penis.
Metode alami/kalender Mengetahui sirkulasi menstruasi dan masa subur, ketika seks dapat menyebabkan kehamilan Tingkat bervariasi, rerata 24% Seorang wanita menentukan variasi metode ketika ia mungkin subur. Wanita bisa merencanakan tidak berhubungan ketika hari tersebut, atau menggunakan metode mengontrol kehamilan.
Pantang Memilih untuk tidak berhubungan seks. Tingkat kegagalan 0% selama dipraktikkan Karena seks tidak terjadi, telor seorang wanita tidak dapat dibuahi oleh sperma.

Metode kontrasepsi mana yang Anda pilih, silakan lihat dulu cara kerja alat kontrasepsi tersebut. Barulah tentukan mana pilihan Anda. (time)