Find Us On Social Media :

Cacing Gelang Bisa Tingkatkan Kesuburan Perempuan?

By Moh Habib Asyhad, Senin, 23 November 2015 | 17:30 WIB

Cacing Gelang Bisa Tingkatkan Kesuburan Perempuan?

Intisari-Online.com - Terinfeksi cacing parasit umumnya dianggap sebagai hal yang buruk. Tapi pernahkah kita membayangkan bahwa infeksi cacing parasit juga bisa “menguntungkan”? Beberapa ilmuwan menemukan bahwa Ascaris lumbricoides—jenis cacing gelang—bisa menyebabkan perempuan hamil alias meningkatkan kesuburan perempuan.

Merujuk pada sebuah penelitian terhadap 986 perempuan di Bolivia, para peneliti yakin, ke depannya, cacing ini bisa digunakan untuk menciptakan obat kesuburan para perempuan.

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Science ini menyebutkan cacing bisa mengubah sistem kekebalan tubuh manusia untuk membuat kehamilan lebih mungkin terjadi. Lebih dari itu, penelitian juga menyebutkan bahwa perempuan yang terinfeksi cacing ini bisa memiliki anak lebih dari dua dibanding mereka yang tidak terinfeksi.

Perempuan Tsimane—masyarakat asli Bolivia—rata-rata memiliki sembilan anak, dan 70% dari mereka terinfeksi cacing gelang. Meski demikian, terlalu dini untuk menyebutkan sebagi solusi kesuburan perempuan; masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan sebelum menganggap infeksi ini sebagai alternatif pengobatan.

Prof. Aaron Blackwell, salah seorang peneliti, mengatakan kepada BBC bahwa temuan itu (infeksi menyebabkan kesuburan) merupakan “temuan yang menarik”. Tapi  ia menegaskan bahwa masih banyak pekerja yang harus dilakukan para peneliti sebelum merekomendasikannya kepada siapa pun.

Sementara Prof. Allan Pacey, seorang ahli kesuburan dari University of Sheffield, juga kepada BBC, mengatakan: “Saya belum ingin menganjurkan agar para perempuan mencoba dan menjadi terinfeksi cacing ini; sebagai cara untuk meningkatkan kesuburan mereka. Studi lebih lanjut akan dilakukan untuk memastikan bahwa infeksi cacing ini bisa meningkatkan kesuburan.”