Find Us On Social Media :

10 Hal yang Tidak Kita Ketahui yang Bisa Dilakukan Vagina (1)

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 28 November 2015 | 17:30 WIB

10 Hal yang Tidak Kita Ketahui yang Bisa Dilakukan Vagina (1)

Intisari-Online.com - Vagina merupakan bagian tubuh penting seorang wanita. Oleh karena itu, menjaga kebersihan vagina sudah menjadi hal yang wajib dilakukan. Namun, tanpa kita sadari ada 10 hal yang mungkin tidak kita ketahui yang bisa dilakukan vagina dengan sendirinya, apa sajakah itu?

1. Dapat membersihkan diri sendiri

Vagina kerap mengeluarkan cairan putih atau bening. Ini merupakan hal yang sehat, karena vagina mengeluarkan bakteri serta sel-sel yang sudah tua untuk mencegah bakteri patogen agar tidak masuk ke dalam rahim. Jadi, sebenarnya tidak perlu membasuh vagina dengan sabun atau wewangian karena ia sudah bisa membersihkan dirinya sendiri.

2. Dapat berubah warna

Vagina memang memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda pada setiap wanita. Ternyata juga, vagina dapat berubah warna. Menurut dokter kandungan dan direktur ekskutif dari Southern California Center for Sexual Health, Michael Krychman, MD, selama gairah seksual atau kehamilan, aliran darah ke alat kelamin dapat berubah warna. Biasanya vagina akan berwarna lebih dalam atau gelap. Lalu, pada masa menopause, estrogen akan menghilang dan vagina akan berubah warna menjadi lebih terang dari sebelumnya. Hal ini wajar terjadi, sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

3. Dapat membesar

Ketika wanita siap berhubungan seksual dengan pasangannya, akan ada banyak darah yang mengalir ke daerah bawah dan pembuluh darah di vagina akan melebar. Pada dasarnya, semakin aktif atau dihidupkan seorang wanita, maka vagina akan berpotensi lebih membesar.

4. Dapat menguatkan

Sebagian wanita mengalami masalah disfungsi otot dasar panggul dan ini dapat menjadi masalah control kandung kemih, kebocoran urin, dan rasa nyeri. Masalah ini juga tidak hanya terjadi pada wanita yang berusia dewasa atau yang sudah memiliki anak, namun wanita berusia 20-an juga bisa mengalaminya. Ada latihan dasar panggul yang terbukti efektif untuk menangani masalah kandung kemih, namun ada juga terapi fisik panggul dan ini seperti berkunjung ke gym untuk vagina. Ada perangkat kecil yang masuk ke dalam vagina untuk mengukur kontraksi otot panggul. Kemudian ini akan menunjukkan bagaimana keduanya saling memperkuat kontraksi dan pelepasan yang sama pentingnya.

5. Dapat “berbicara”

Vagina dapat berbicara atau memberikan tanda kepada si wanita, baik mengenai periode menstruasi atau risiko kesehatan yang berpotensi menjadi masalah, seperti kanker. Oleh karena itu, wanita seharusnya lebih mendenger atau peka dengan vaginanya jika sudah menunjukkan tanda-tanda yang tunjukkan agar segera diambil tindakan.