Find Us On Social Media :

8 Alasan Mengapa Berhubungan Seksual Menyakitkan Bagi Sebagian Wanita (1)

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 2 Januari 2016 | 17:20 WIB

8 Alasan Mengapa Berhubungan Seksual Menyakitkan Bagi Sebagian Wanita (1)

Intisari-Online.com - Ada banyak alasan untuk melakukan hubungan seksual. Namun, tidak hanya menyenangkan, berhubungan seksual juga dapat menyakitkan khususnya pada wanita. Ketidaknyamanan seperti ini kemudian akan membuat perselisihan dalam kehidupan pasangan. Nah, berikut ini adalah 8 alasan mengapa berhubungan seksual menyakitkan bagi sebagian wanita:

1. Endometriosis

Penelitian dalam jurnal Sexual Medicine tahun 2014, disebut bahwa 75% wanita mengalami endometriosis, kondisi dimana jaringan endometrium tumbuh di luar rahim. Wanita akan merasakan sakit ketika berhubungan seksual. Apapun yang menyentuh daerah tersebut akan menimbulkan rasa yang sangat menyakitkan, misalnya penis.

2. Kaku otot panggul

Pada beberapa wanita, otot panggul mengalami masalah, mungkin akibat dari persalinan yang sulit, terlalu banyak duduk, atau mengalami pelecehan seksual di masa lalu. Menurut peneliti Virginia Tech, otot panggul yang kaku menjadi alasan seorang wanita dapat merasa sakit ketika berhubungan seksual.

3. Infeksi saluran kencing

Infeksi saluran kencing dapat terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi antibiotik. Saraf pada area vagina tidak tenang karena peggunaan antibiotik, sehingga vagina akan sangat sensitive terhadap sesuatu yang menyentuhnya. Kelebihan antibiotik juga dapat menyebabkan infeksi berulang, memicu peradangan berat, dan risiko lebih besar dari sakit di sekitar vulva.

4. Kurang “pelumasan”

Akan menyakitkan ketika penis tidak bekerja baik karena vagina yang tidak cukup basah. Penurunan estrogen dapat menjadi penyebab kurangnya pelumasan, biasanya dikarenakan efek samping dari menopause, melahirkan, menyusui, atau mungkin wanita tidak cukup terangsang. Menggunakan bantuan pelumas mungkin bisa dicoba.