Find Us On Social Media :

Mengapa Ketika Bangun Pagi, Pria Alami Ereksi?

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 8 Maret 2016 | 17:45 WIB

Mengapa Ketika Bangun Pagi, Pria Alami Ereksi?

Intisari-Online.com – Mengapa ketika bagun pagi, pria mengalami ereksi? Jika berlubang di pagi hari, itu berarti kabar baik: berarti pria ini mengalami ereksi semalam, jelas Tobias Kohler, MD, MPH, profesor urologi di Southern Illinois University School of Medicine.

Menurutnya, mengalami ereksi di malam hari merupakan indikator penting bagaimana seluruh tubuh pria berfungsi. Bahkan, pria yang sehat harus mengharapkan mengalami ereksi tiga sampai lima kali per malam.

Tentu saja, Anda tidak akan tahu apa yang terjadi setelah Anda pergi tidur. Tetapi, jika Anda tidak bangun dengan ereksi pada suatu kesempatan, nah inilah saatnya Anda mengunjungi dokter.

Mengapa terjadi ereksi di pagi hari?

Siang hari, otak melepaskan zat kimia yang disebut noradrenalin, hormon yang menghambat ereksi. Ketika Anda tidur, bagaimanapun, otak kurang melepaskannya. Hal ini membuat cenderung lebih muncul di malam hari. Mereka terjadi secara sporadis sepanjang malam, apakah Anda bangun atau tidak dalam satu kesempatan.

Secara teratur, ereksi yang terjadi saat tidur menunjukkan aliran darah yang sehat bagi penis Anda, yang juga diperlukan ketika Anda membutuhkannya.

Tetapi jika Anda tidak mengalami ereksi di malam hari, yang menandakan bahwa aliran darah ke penis Anda mungkin menjadi masalah. Ini merupakan karakteristik umum dari kondisi yang mendasarinya, seperti penyakit jantung, pembuluh darah tersumbat, kolesterol tinggi, atau tekanan darah yang tinggi.

Bagaimana ereksi malam hari bermanfaat bagi penis Anda?

Ereksi di pagi hari juga berfungsi penting, yaitu membuat penis siap dalam “pertempuran” saat “dibutuhkan” untuk ereksi di kamar tidur. Sering ereksi, katakanlah, beberapa kali pada malam hari, justru menjaga jaringan penis lembut dan elastis, jelas Dr. Kohler. Ini juga mendorong otot polos di penis untuk bersantai, yang memungkinkan darah masuk dan membuat keras.

Sangat penting ini sering terjadi, karena peregangan penis pria berkurang jika otot-otot halus tetap kontraksi terlalu lama, kata Dr. Kohler. Tanpa latihan rileks-kontraksi biasa, panjang penis saat ereksi bisa semakin pendek.

Tetapi, jangan khawatir jika Anda mengalami penurunan jumlah hari ketika mendapati bangun pagi dengan ereksi. Mungkin saja Anda masih mengalami ereksi pada malam hari, tetapi Anda tidak terbangun.

Segera kunjungi dokter jika Anda bangun tanpa ereksi pagi selama beberapa bulan. Ini bisa menjadi tanda depresi, stres kronis, atau masalah kesehatan yang mendasari seperti penyakit jantung. Juga salah satu tanda pertama bahwa testosteron Anda rendah.

Mengobati masalah yang mendasar seperti dengan stantin untuk membersihkan pembuluh darah yang tersumbat kolesterol atau terapi penggantian testosteron yang terbukti rendah. (menshealth)