Find Us On Social Media :

Ini Cara agar Tetap Bahagia Meski Tidak Memiliki Uang

By Arnaldi Nasrum, Minggu, 13 September 2015 | 12:30 WIB

Ini Cara agar Tetap Bahagia Meski Tidak Memiliki Uang

Intisari-Online.com – Harus diakui bahwa dengan memiliki banyak uang maka kita akan merasa senang karena mampu membeli banyak hal yang kita suka. Sebaliknya, jika isi dompet menipis maka seseorang akan sulit untuk fokus merasa bahagia. Nah, apakah ini berarti ketika sedang bokek kita tidak dapat tersenyum? Berikut cara agar tetap bahagia meski tidak memiliki uang.

Temukan hal yang paling menyenangkan dalam hidup

Ada banyak hal yang membuat kita menikmati hidup tanpa harus mengeluarkan uang yang sangat banyak atau tidak sama sekali. Hal yang dapat dilakukan adalah pertama-tama dengan mengetahui momen yang membuat kita sangat bahagia. Ini bisa saja ketika terbawa suasana saat menonton film, melakukan aktivitas outdoor atau ketika mengisi waktu luang bersama teman-teman. Intinya, kita dapat membuat jadwal untuk aktivitas yang kita sangat senangi setiap minggunya. Mencari pengalaman memang jauh menyenangkan ketimbang bingung karena harus memikirkan darimana mendapatkan uang yang banyak.

Buat target dan amati progresnya

Salah satu hal yang membuat kita putus asa adalah fokus pada apa yang kita tidak miliki atau hal-hal yang sangat kita inginkan. Namun, hal ini dapat kita ubah menjadi hal yang positif. Caranya adalah dengan membuat daftar target yang harus dicapai setiap minggunya. Ini akan membantu kita untuk mengukur progres yang dilakukan. Dari sini, kita akan memiliki semangat hidup untuk berkreasi. Kita tidak pernah menjadi terlalu miskin untuk memulai sesuatu.

Temukan teman yang sepaham

Akan sangat membantu jika kita memiliki teman-teman yang juga memiliki keadaan yang sama dan bekerja untuk mencapai target yang sama pula. Kita bisa saling menyemangati satu sama lain dan menemukan hal-hal yang tidak membuat kantong bolong untuk dilakukan bersama-sama. Jika teman kita sering mengeluh karena kita tidak memiliki uang maka kita mungkin bisa mencari teman lain yang dapat mengerti keadaan kita saat ini.

Ikuti kegiatan volunteering

Menjadi volunteer adalah hal yang akan memberi kita kepuasan meski tidak memiliki uang. Dengan mengikuti kegiatan volunteerisme maka akan membuat kita melupakan situasi sulit yang dihadapi dan sekaligus memberikan kita cara berpikir yang baru mengenai apa yang kita miliki. Selain itu, menjadi volunteer juga akan mengajarkan kita arti berbagi dan akan beranggapan bahwa uang bukanlah segalanya.

(about.com)