Find Us On Social Media :

Tips Menjaga Anak Terhindar dari Kebiasaan Buruk

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 19 September 2015 | 14:00 WIB

Tips Menjaga Anak Terhindar dari Kebiasaan Buruk

Intisari-Online.com - Usia anak-anak adalah usia dimana seseorang memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi dan mudah terpengaruh terhadap sesuatu. Sangat rentan untuk anak-anak mencoba hal-hal negatif, seperti merokok, minum minuman keras, narkoba, dan tindak kejahatan lainnya. Tentunya kita harus pandai menjaga anak atau adik-adik kita dari segala pengaruh buruk tersebut. Cobalah tips menjaga anak terhindari dari kebiasaan buruk berikut ini:

1. Tunjukkan contoh anak lain yang menjadi korban dari kebiasaan buruk

Dengan memberitahu dan menunjukkan contoh kepada anak atau adik kita tentang anak lain yang menjadi korban akibat kebiasaan buruk dalam kehidupan nyata, akan memberikan mereka bayangan tentang efek yang akan diterima.

2. Berbicara tentang bahaya kejahatan

Komunikasi adalah salah satu hal penting dalam menciptakan hubungan. Ajaklah anak untuk berbicara dan berdiskusi dengan suasana yang santai tentang kebiasaan buruk atau tindakan kejahatan yang membahayakan. Jangan berasumsi bahwa anak sudah mengetahui tentang kejahatan, tetaplah beritahu mereka agar mereka mendapat pengetahuan serta informasi yang benar.

3. Ajak mereka ke tempat bimbingan konseling

Bimbingan konseling atau pertemuan konseling misalnya di sekolah sangatlah bermanfaat untuk anak. Dengan mengikuti bimbingan konseling, anak akan diajarkan bagaiman menghadapi tekanan teman sebaya dan dinamika sosial. Tak ada salahnya juga untuk mengajak mereka ke tempat bimbingan konseling di luar dari sekolah.

4. Kontrol pengaruh dari media

Ketika anak menonton televisi atau berselancar di internet, kita harus mengawasi serta mengontrol mereka. Anak akan mudah terpapar informasi dari media, baik yang baik maupun buruk. Jangan biarkan anak dipengaruhi oleh media populer yang akan memberikan efek buruk.

5. Perhatikan dengan siapa anak bergaul

Teman anak kita dapat menjadi pengaruh besar pada kehidupan mereka. Jika anak bergaul dengan teman-teman yang berkelakuan buruk, maka anak akan cenderung terpengaruh hal buruk juga. Kita wajib mengingatkan anak tentang siapa yang bergaul dengan mereka.

6. Mengetahui apa yang dibeli anak dengan uang mereka

Tips menjaga anak dari kebiasaan buruk yang terakhir adalah mengetahui uang mereka digunakan untuk apa. Tidak peduli berapa banyak uang saku anak, namun kita harus mengetahui serta meminta anak untuk mengatur pengeluaran mereka. Dengan mengawasi uang yang digunakan anak, maka akan menjaga mereka dari tindakan membeli barang yang negatif, seperti rokok. (magforwomen.com)