Find Us On Social Media :

Benarkah Memutar Musik Saat Hamil Akan Membuat Bayi Pintar?

By Monalisa Darwin D, Minggu, 27 September 2015 | 14:00 WIB

Benarkah Memutar Musik Saat Hamil Akan Membuat Bayi Pintar?

Intisari-Online.com - Sepertinya pernyataan terkait musik dan bayi yang pintar sudah sering kita dengar untuk ibu hamil. Tidak sedikit wanita hamil yang kemudian mendengarkan musik kepada bayi di dalam kandungannya. Entah mitos atau fakta, namun hingga kini masih banyak pertanyaan tentang benarkah memutar musik saat hamil akan membuat bayi pintar?

Pada artikel “Efek Musik Pada Perilaku Bayi” yang ditemukan dalam literatur Bulgaria, “Akusherstvo I Ginekologiia”, menyebutkan bahwa rangsangan musik menyebabkan perubahan pada denyut jantung dan gerakan tubuh bayi dalam kandungan.

Dalam penelitian lain berusaha mengevaluasi apakah pemaparan musik di dalam rahim dapat mengarah ke pembelajaran janin dan peneliti menemukan respon yang serupa. Meski pemaparan dalam teori menyebut musik dapat menjurus ke pembelajaran, namun tidak ada ilmu yang mendukung teori ini.

Sebagian orang menghubungkan “efek Mozart”, namun belum ada bukti bahwa mendengar musik Mozart akan membuat anak menjadi pintar. Jika kita benar-benar ingin mencoba efek musik pada bayi, lakukanlah pada kehamilan minggu ke-24, karena saat itulah janin baru mulai mengenali suara.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda percaya memutar musik saat hamil akan membuat bayi pintar? (Mark Leyner & Billy Goldberg dalam “Why Do Men Fall Asleep After Sex?”. Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama)