Find Us On Social Media :

Benarkah Mencuci Piring Baik untuk Kesehatan Mental?

By Lintang Bestari, Sabtu, 3 Oktober 2015 | 07:00 WIB

Benarkah Mencuci Piring Baik untuk Kesehatan Mental?

Intisari-Online.com - Memiliki kesadaran penuh biasanya diasosiakan dengan kegiatan meditasi, refleksi, atau kegiatan lain yang bertujuan untuk mengumpulkan ketenangan pikiran. Selama ini, tidak pernah terpikir bahwa pekerjaan rumah ternyata bisa memberi manfaat positif bagi kesehatan mental kita. Namun, sebuah studi terbaru yang dilakukan para peneliti dari Florida State University mengatakan pekerjaan rumah simpel, seperti mencuci piring bisa, bisa meningkatkan kesadaran pikiran, yang mana baik untuk kesehatan mental karena bisa mengurangi stres dan bahkan meningkatkan sistem imun tubuh.

Sebanyak 51 mahasiswa berpartisipasi pada studi yang dipublikasikan di jurnal Mindfulness ini. Setengah dari jumlah partisipan diajarkan untuk fokus pada kegiatan mencuci piring, mulai dari wangi sabunnya, tekstur spons yang digunakan, temperature air hingga bentuk dari peralatan makan dan masak yang dicuci. Sedangkan, partisipan lainnya hanya ditugaskan untuk menyelesaikan tugas mencuci piring tanpa fokus pada kegiatannya.

Hasilnya cukup signifikan. Para mahasiswa yang fokus mencuci piring dilaporkan tingkat kegugupannya menurun hingga 27% dan stimulasi mentalnya meningkat hingga 25% setelah mencuci piring. Sedangkan partisipan di grup lainnya – yang tidak fokus mencuci piring – dikabarkan tidak mendapatkan manfaat tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa mencuci piring bisa dijadikan terapi bagi pikiran yang lelah dan kusut. Artinya, mencuci piring baik untuk kesehatan mental kita.

“Sebagai praktisi dan peneliti, saya tertarik bagaimana ‘aktivitas duniawi’ dalam kehidupan sehari-hari kita bisa digunakan untuk membentuk kesadaran penuh dan pikiran yang sehat. Dengan begitu, kita jadi lebih mensyukuri hidup dan kita jadi lebih sejahtera,” kata Adam Hanley, salah satu peneliti studi ini.

Selain mencuci piring, kegiatan sehari-hari seperti bernafas secara teratur dan berjalan-jalan di alam juga baik untuk kesehatan mental kita. (realsimple.com)