Find Us On Social Media :

4 Tanda Kita Sudah Mendidik Anak dengan Benar

By Ade Sulaeman, Senin, 5 Oktober 2015 | 11:30 WIB

4 Tanda Kita Sudah Mendidik Anak dengan Benar

Intisari-Online.com - Menjadi orangtua tentu bukan hal mudah. Banyak hal yang tak boleh dilakukan orangtua jika ingin melihat si kecil tumbuh menjadi pribadi yang santun dan sukses, salah satunya adalah jangan selalu menyalahkan anak, tanpa pernah melakukan introspeksi diri sendiri, apakah didikan kita kepada anak sudah benar.

Nah, berikut ini empat tanda kita sudah mendidik anak dengan benar, seperti yang dilansir dari situs Boldsky.com. Tetapi ingatlah, tidak ada anak maupun orangtua yang sempurna di dunia ini.

1. Perlakuan anak terhadap teman-temannya.

Ini adalah pengukur utama yang menandakan bahwa performa Mama dan Papa sebagai orang tua baik atau tidak. Jika anak terlihat mudah bersosialisasi dengan teman sebayanya, dan memiliki teman-teman akrab, hal ini mencerminkan bahwa didikan Mama dan Papa kepada anak sebagai bagian dari masyarakat sudah berhasil.

2. Sang anak mengenali bakat dan talentanya.

Tiap anak memiliki ketertarikan yang berbeda, dan dapat berubah seiring dengan waktunya. Nah, tanda bahwa Mama dan Papa sudah menjadi orangtua yang baik adalah saat anak mengetahui bakat yang dimiliki dan dapat menyalurkannya. Terus mendukung bakat anak adalah salah satu tugas penting dari orang tua.

3. Perlakuan anak terhadap orang yang lebih tua.

Ketika anak memiliki rasa hormat dan sayang pada orang yang lebih tua, Mama dan Papa boleh berbesar hati, karena berarti kita sudah mengajarkan anak sopan santun serta tata krama yang baik.

4. Bahagianya si buah hati dan kita sebagai orang tua.

''Apakah anak saya bahagia'' adalah pertanyaan yang sering ditanyakan orangtua terhadap dirinya sendiri. kita dapat melihat kebahagiaan yang terpancar dari binar mata dan celotehan si anak, yang paling penting, jadilah orangtua yang bahagia. Karena dengan begitu kita sudah pasti akan menularkan kebahagiaan pada anak-anak kita.

(Tabloid-Nakita.com)