Find Us On Social Media :

Menghabiskan Waktu dengan Orang Tersayang Mencegah Depresi

By Lintang Bestari, Rabu, 7 Oktober 2015 | 09:30 WIB

Menghabiskan Waktu dengan Orang Tersayang Mencegah Depresi

Intisari-Online.com - Sekarang ini sangat mudah menggunakan telepon untuk menghubungi teman dan keluarga, namun menurut studi yang dipublikasikan pada Journal of the American Geriatrics Society, menghabiskan waktu yang melibatkan kedekatan fisik dengan orang tersayang ternyata lebih bermanfaat, yakni bisa mencegah depresi.

Menggunakan data dari 11.000 orang dewasa berusia 50 tahun ke atas antara tahun 2004 dan 201o – University of Michigan menyebut studi ini dengan nama Health and Retirement Survey – para peneliti mengirim survei setiap dua tahun sekali untuk mengikuti kemajuan partisipan dari beragam faktor sosial dan kesehatan.

Peneliti menemukan gejala depresi pada 6,5% partisipan yang bertemu dengan teman-teman atau keluarganya tiga kali dalam seminggu. Gejala depresinya meningkat dua kali lipat pada mereka yang berinteraksi dengan orang tersayang hanya beberapa kali dalam sebulan.

“Kami menyesuaikan semua hal yang bisa mempengaruhi penemuan ini, seperti memiliki kecenderungan depresi sebelumnya. Dan studi longitudinal ini melihat partisipan dari tahun ke tahun, bukan hanya dalam satu waktu. Apa yang kami temukan bukan sesuatu yang random, tapi sebab akibat,” kata Alan Theo, pemimpin penelitian dan asisten profesor psikiatri di Oregon Health and Science University.

Pada grup studi, mereka yang berusia 50 hingga 69 tahun memiliki paling banyak manfaat ketika teman-teman mereka berkunjung, sedangkan mereka yang berusia di atas 70 tahun memiliki hasil yang lebih baik ketika berinteraksi dengan keluarganya.

Nah, setelah mengetahui bahwa menghabiskan waktu yang dengan orang tersayang ternyata mencegah depresi, apakah Anda ingin lebih sering bertemu dengan teman dan keluarga Anda? (foxnews.com)