Find Us On Social Media :

5 Manfaat Rasa Ingin Tahu, Salah Satunya untuk Bertahan Hidup

By Lintang Bestari, Senin, 26 Oktober 2015 | 15:30 WIB

5 Manfaat Rasa Ingin Tahu, Salah Satunya untuk Bertahan Hidup

Intisari-Online.com - Tahukah Anda bahwa rasa ingin tahu berkaitan dengan tingkat intelektual kita? Bagi anak-anak maupun orang dewasa, rasa ingin tahu dikaitkan dengan manfaat psikologis, emosional, sosial dan kesehatan. Inilah 5 manfaat rasa ingin tahu:

Membantu bertahan hidupDorongan untuk mengeksplorasi dan mencari hal-hal baru membantu kita tetap waspada dan menambah pengetahuan tentang lingkungan kita yang terus berubah. Mungkin itu sebabnya mengapa otak kita melepaskan dopamin dan zat kimia otak lain yang membuat kita merasa lebih baik saat menemukan hal-hal baru.

Lebih bahagiaSebuah penelitian menunjukkan bahwa rasa ingin tahu dihubungkan dengan emosi positif, tingkat kecemasan rendah dan menambah kepuasan dalam hidup. Orang-orang yang hidupnya bahagia cenderung memiliki rasa ingin tahu lebih besar.

Meningkatkan prestasi

Beberapa studi menunjukkan bahwa rasa ingin tahu membuat seseorang lebih santai dan ikut berpartisipasi di lingkungan sekolah atau kerjanya sehingga mendapat prestasi tinggi. Ini mungkin terdengar klise, tapi ketika kita menyukai apa yang kita lakukan dan ingin terlibat sepenuhnya di situ, maka hasil yang kita keluarkan juga pasti baik.

Meningkatkan empatiKetika kita penasaran dan peduli kepada orang lain yang berada di luar lingkungan kita, kita jadi lebih mengerti pengalaman hidup orang lain dan memberikan pandangan berbeda dari yang sebelumnya. Jika memiliki kesempatan untuk berbicara dengan orang asing yang berbeda dengan kita, cobalah mengakrabkan diri dengan mereka secara pribadi dan tunjukkan bahwa kita ingin tahu tentang mereka.

Menguatkan hubunganSebuah studi menemukan bahwa seseorang akan lebih hangat dan menarik jika mereka menunjukkan semangat dan ingin tahu pada hubungan timbal balik dengan sesamanya. Hal ini menunjukkan bahwa menunjukkan rasa ingin tahu kita ke orang lain bisa membangun kedekatan dengan mereka.

Itulah 5 manfaat rasa ingin tahu. Tunjukkan semangat dan rasa ingin tahu kita dan jangan membatasinya! (huffingtonpost.com)