Find Us On Social Media :

Ini Dia Tips untuk Mengetahui Orang yang Berbohong pada Kita!

By Monalisa Darwin D, Minggu, 20 Desember 2015 | 12:30 WIB

Ini Dia Tips untuk Mengetahui Orang yang Berbohong pada Kita!

Intisari-Online.com - Dalam sehari, tanpa disadari kita akan menemukan kebohongan yang dilakukan orang kepada kita. Entah itu dari orang di sekitar kita ataupun bukan dan entah kebohongan kecil ataupun besar. Nah, berikut ini ada tips untuk mengetahui orang yang berbohong pada kita:

1. Carilah ketidakkonsistenan

Pembohong cenderung lupa dengan apa yang telah dikatakan sebelumnya, terlebih kebohongan yang dilakukan adalah spontan. Dengan ini, kita akan mudah menemukan ketidakkonsistenan pembicaraannya yang kemudian menunjukkan bahwa ia sedang berbohong.

2. Ajukan pertanyaan yang kita tahu bahwa mereka tidak suka

Pembohong cenderung berpikir tentang kemungkinan tanggapan atau jawaban kita yang akan mengarah pada percakapan kebohongan mereka. Oleh karenanya, kita harus bisa memberi tanggapan atau pertanyaan dadakan yang tidak mereka sukai.

3. Perhatikan sikapnya yang tidak biasa

Seseorang yang sedang berbohong, akan bersikap atau berperilaku tidak seperti biasanya, bahkan mereka bisa tiba-tiba berkeringat, tampak gelisah, terlihat lebih aktif atau bahkan tenang. Perubahan perilaku pada seseorang dapat diidentifikasi bahwa mereka sedang berbohong.

4. Ikuti naluri

Terkadang, naluri kita dapat memberitahu apakah seseorang jujur atau tidak.

5. Ekspresi palsu

Kita harus mampu membedakan ekspresi seseorang yang sedang berbohong atau tidak. Misalnya saja orang tersebut sedang tersenyum, namun nyatanya dia tidak benar-benar sedang bersenang hati kepada kita.

6. Kontak mata