Find Us On Social Media :

10 Tips Jitu untuk Menjaga Resolusi Tahun Baru (1)

By Arnaldi Nasrum, Rabu, 30 Desember 2015 | 06:00 WIB

10 Tips Jitu untuk Menjaga Resolusi Tahun Baru (1)

Intisari-Online.com - Setiap orang tentu memiliki resolusi setiap tahunnya. Ada keinginan untuk mewujudkan tujuan hidup. Baik itu yang belum tercapai di tahun sebelumnya maupun tujuan hidup baru yang ingin dicapai di tahun mendatang. Namun, tidak sedikit orang yang merasa sulit untuk mencapai resolusi tersebut. Kesulitan itu dimulai dari motivasi yang turun hingga kegagalan yang membuat perencanaan seseorang menjadi berantakan. Nah berikut 10 tips jitu untuk menjaga resolusi tahun baru.

Tentukan tujuan yang spesifik dan realistis

Setiap tahunnya tidak sedikit otang yang memiliki resolusi untuk menurunkan berat badan ataupun memiliki bentuk badan yang proporsional. Alih-alih memilih tujuan ambigu seperti itu, seseorang seharusnya fokus pada tujuan yang lebih konkret dan realistis sesuai dengan apa yang dipikirkan. Misalnya, berkomitmen untuk menurunkan berat badan sebanyak 10 kg atau melakukan olahraga rutin secara teratur. Ini tentu saja akan membuat seseorang lebih mudah mengukur keberhasilannya. Memilih tujuan yang ingin dicapai akan memberikan kesempatan untuk membuat perencanaan sesuai dengan apa yang ingin dicapai pada tahun berikutnya.

Mulai dengan hal-hal kecil Memutuskan untuk memiliki terlalu banyak resolusi adalah alasan umum mengapa resolusi-resolusi tersebut gagal tercapai. Ini berhubungan dengan banyaknya hal yang ingin dicapai sementara hal tersebut tidak sebanding dengan kemampuan yang dimiliki. Untuk menghadapi ini, kita perlu fokus untuk mengambil langkah-langkah kecil yang pada akhirnya akan membantu kita mencapai tujuan yang lebih besar.

Contohnya, jika kita telah memutuskan untuk olahraga lari rutin, maka kita dapat melakukan jogging dua atau tiga kali seminggu. Jika kita mencoba untuk makan sehat, kita dapat memulainya dengan mengganti beberapa makanan junk favorit dengan makanan yang lebih bergizi. Meskipun mungkin tampak seperti progres yang lambat, perubahan kecil akan memudahkan kita untuk melakukan perubahan yang lebih besar sehingga mengantarkan pada keberhasilan untuk mencapai resolusi.

Jangan tunggu hingga Malam Tahun Baru

Perencanaan merupakan bagian penting untuk mencapai tujuan apapun. Para ahli menyarankan bahwa kita harus meluangkan waktu untuk merencanakan bagaimana kita akan mengatasi perubahan yang nantinya dapat terjadi. Kita bisa mulai dengan menuliskan tujuan, membuat daftar hal-hal yang mungkin kita lakukan untuk mencapai tujuan tersebut, dan mencatat setiap rintangan yang mungkin akan muncul.

(About.com)