Find Us On Social Media :

8 Cara Menjalani Hidup Kembali Setelah Merasa Kehilangan (2)

By Lintang Bestari, Minggu, 3 Januari 2016 | 10:00 WIB

8 Cara Menjalani Hidup Kembali Setelah Merasa Kehilangan (2)

Intisari-Online.com – Kehilangan bisa disebabkan beberapa hal, bisa karena perceraian, pemutusan hubungan kerja, atau kematian orang-orang tersayang. Kehilangan itu bisa membuat kita terperosok. Ada yang sampai kehilangan identitas dan kehilangan arah. Inilah 8 cara yang bisa dilakukan untuk menjalani hidup kembali setelah merasakan kehilangan:

Terlibat di percakapan baruTerlibat obrolan dengan orang baru bukan berarti kita harus meninggalkan orang-orang di kehidupan lama kita. Namun, lebih untuk mencari pengalaman baru. Jika kita menyukai seni moderen, maka coba berkunjung ke pameran seni. Berkumpul di lingkungan seniman mungkin memberikan efek positif kepada kita. Ketahui bahwa lingkungan yang negatif tak baik bagi kita yang baru saja kehilangan. 

Berlatih bersyukurSering kali, setelah merasa kehilangan, sangat sulit menemukan hal baik di sekitar kita. Menjalani kehidupan baru berarti harus mengubah cara kita melihat dunia. Dan ketika kita selalu bersyukur, dunia ini ternyata sangat kaya akan hal-hal baik dan menyenangkan. Sangat sulit memulai hal baru jika kita tidak mensyukuri apa yang kita punya hari ini.

Terbuka pada hal baruKehilangan menimbulkan rasa takut. Ketakutan ini kadang membatasi pikiran dan tingkah laku kita. Beberapa orang bahkan menutup diri dan menolak mendengarkan orang lain. Mereka tidak siap menerima opini dari orang lain. Di sisi lain, membuka diri kita sangat penting untuk menjalani kehidupan baru. Sekali kita memberikan kesempatan pada hal baru, kita bisa melihat cahaya hidup yang berbeda.

Mengikhlaskan hal-hal yang tak bisa diselesaikanKehilangan menciptakan ‘kepincangan’ dalam hidup dan kita tak tahu mengapa hal itu terjadi. Jika selalu mencari jawaban mengapa kita harus mengalami kehilangan tersebut, maka kita akan selalu merasa kecewa. Beberapa kehilangan memang tidak memberikan jawaban. Mencari alasan tentang kehilangan hanya akan membuat kita terus-terusan menangis dan selalu merasa ada yang kosong. Maka sebaiknya, ikhlaskan hal yang sudah terjadi.

Itulah 8 cara yang bisa dilakukan untuk menjalani hidup kembali setelah merasakan kehilangan. Selamat mencoba. (huffingtonpost)