Find Us On Social Media :

Belajarlah Manajemen Stres Jika Ingin Hidup Bahagia!

By Tika Anggreni Purba, Jumat, 8 Januari 2016 | 15:00 WIB

Belajarlah Manajemen Stres Jika Ingin Hidup Bahagia!

Intisari-Online.com – Berbagai problema hidup mulai dari keuangan, pekerjaan, dan hubungan dapat menimbulkan kekhawatiran berlebihan. Hal ini tentu tidak sehat sebab ketidakmampuan kita untuk memanajemen hati dan pikiran menyebabkan stress yang mengganggu kualitas hidup. Kita memang tidak dapat mengatur permasalahan apa yang harus kita hadapi, namun kita dapat merespon permasalahan tersebut dengan respon yang tepat. Salah satunya adalah manajemen stres. Apa saja yang harus kita lakukan untuk mengatur diri saat stres melanda? Jangan lupa bernafas

Seseorang yang stres cenderung memiliki nafas yang diburu dan pendek-pendek. Segera sadari situasi ini, tariklah nafas dalam-dalam lalu hempaskan dengan mengucapkan kata-kata yang menyenangkan. Cara terbaik adalah dengan menarik nafas dalam-dalam dan ucapkan kata syukur.

Putuskan untuk menerima keadaan

Saat stres, cepatlah menyadari bahwa memikirkannya dengan cara berlebihan tidak akan mengubah keadaan. Pemicu stres terbesar adalah karena kita tidak mampu untuk menerima situasi yang sedang terjadi. Ambil waktu sejenak untuk mengatakan pada diri kita sendiri untuk menerima kondisi itu dan akuilah bahwa kita tidak dapat mengontrol segalanya.

Tinggalkan masalah sejenak Bukan berarti kita dapat lari dari konflik maupun permasalahan yang sedang mendera. Berikan diri kita kebebasan untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan diri kita seperti nonton film dan olahraga. Lakukan kegiatan yang menenangkan seperti yoga, menghirup udara segar di pagi hari, dan ibadah.

Makan makanan yang mengurangi stres

Coklat, susu, keju, yoghurt, buah-buahan, asparagus, kacang almond, dan daging sapi adalah beberapa jenis makanan yang dapat mengurangi stres. Kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut dapat membantu kita dalam mengatasi stres. Sebaiknya jangan melarikan diri pada alkohol, kopi, dan obat penenang.

Katakan tidak Sekalipun kita bisa melakukannya, untuk sementara waktu katakan tidak untuk mengerjakan suatu pekerjaan. Menambah pekerjaan baru hanya akan membuat stres semakin tidak terkendali. Komunikasikan kondisi kita pada orang-orang sekitar kita, agar mereka juga dapat menolong kita.

Kehidupan ini adalah tentang bagaimana respon kita menghadapi dinamika hidup. Respon yang benar akan membawa kita pada keputusan-keputusan bijak, bahkan saat situasi kurang terkendali sekalipun.