Find Us On Social Media :

Menulis Jurnal Harian Bisa Bangkitkan Pikiran Positif

By Moh. Habib Asyhad, Senin, 11 Januari 2016 | 08:00 WIB

Menulis Jurnal Harian Bisa Bangkitkan Pikiran Positif

Intisari-Online.com - Penelitian terbaru di Inggris menyebutkan, satu dari tujuh perempuan terlalu sering mengkritik diri sendiri sepanjang hari. Kondisi ini mau tidak mau akan membuat mereka minder dan berpikiran negatif. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membangkitkan pikiran positif, salah satunya dengan menulis jurnal harian.

Luangkan waktu setiap hari untuk menuliskan apa yang kita pikirkan dan rasakan. Mulailah dengan menulis “Saya merasa…” atau “Hari ini…” dan buatlah daftar dari segala sesuatu yang kita rasakan. Kita bisa menulis apa saja, bahkan ketika tidak ada ide.

Setela itu, cobalah untuk membacanya ulang. Apakah itu terlalu negatif? Bila iya, Lakukan hal-hal yang bisa membuat pikiran lebih positif, seperti mandi air hangat, mendengarkan musik yang menenangkan, atau apapun kegiatan kecil yang kita suka.

Tak hanya itu, untuk memunculkan pikiran positif, cobalah untuk lebih terbuka dan mendalam pada diri sendiri. Apakah pikiran itu benar? Apakah Anda terlalu keras pada diri sendiri? Lalu carilah hal-hal positif dalam diri dan biarkan pikiran tersebut menghapus pikiran negatif.

Kita juga bisa bermeditasi singkat. Salah satu cara terbaik untuk membersihkan pikiran dan membawa beberapa ruang positif dalam hidup adalah melalui meditasi. Selama 10 menit di pagi hari atau malam hari, duduk di tempat yang nyaman dan fokus pada pernapasan Anda. Ini akan membuat pikiran lebih tenang dan membuat pikiran negatif pergi.

“Pikiran negatif mungkin hanya tampak seperti masalah emosional, tetapi sebenarnya dapat memiliki konsekuensi fisik yang sangat nyata. Pikiran negatif dapat meningkatkan stres dan kecemasan yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, menyebabkan kerusakan pada sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penuaan,” ujar Barbara Fredrickson, peneliti psikologi dari University of North Carolina.