Find Us On Social Media :

Mengapa Meditasi Berperan Penting dalam Kehidupan?

By Monalisa Darwin D, Minggu, 31 Januari 2016 | 14:30 WIB

Mengapa Meditasi Berperan Penting dalam Kehidupan?

Intisari-Online.com - Di dalam hidup, secara alami kita melawan gelombang yang datang dan akan berusaha menetralkan energi negatif yang masuk ke dalam tubuh. Ada kalanya kita dapat mengatasinya, namun kadang pula kita tidak bisa karena gelombang tersebut datang pada saat keadaan daya tahan tubuh sedang turun. Kita perlu cermat dalam menghadap hal ini dan di sinilah meditasi berperan penting dalam kehidupan kita.

Secara sederhana, meditasi akan membantu mempertahankan keseimbangan sistem tubuh agar bekerja secara teratur dan harmonis. Meditasi juga akan membantu kita untuk dapat lebih fokus pada pikiran, menghilangkan stress, meningkatkan mood, meningkatkan intuisi atau indera keenam kita, hingga dapat menyembuhkan penyakit.

Dengan bermeditasi, tubuh kita akan menjadi lebih tenang permanen dalam menghadapi tantangan. Sebagian orang ada yang memilih cara mengonsumsi alkohol atau obat-obatan untuk mendapatkan ketenagan, namun ini bukanlah cara yang bijaksana dan ketenangan dari sini adalah bersifat sementara. Tidak hanya itu, alkohol dan obat-obatan juga justru akan membuat ketergantungan dan merusak tubuh serta pikiran.

Apa yang terjadi pada diri kita saat ini merupakan apa yang kita pikirkan. Segala hal di sekita kita berasal dari pikiran kita dan pikiran tersebut mendorong kita untuk menciptakan sesuatu. Dari proses pemikiran yang ada di benak kitalah kita menciptakan dunia kita, menciptakan pekerjaan, kesejahteraan, keluarga, dan kesehatan kita. Kita sendirilah yang mengendalikan hidup kita.

Ketika pikiran kita sedang senang, maka mood kita tinggi dan kita tidak merasa memiliki beban sehingga kita akan menjadi lebih tenang dan cerdas dalam menghadapi kehidupan. Sebaliknya, ketika pikiran kita tidak tenang atau memikirkan hal-hal yang buruk, maka hal tersebut benar dapat terjadi atau keberuntungan tidak akan kita dapatkan.

Ketakutan-ketakutan di dalam diri akan menjadi realitas karena terus kita pikirkan, yang kemudian akan menjadi hambatan dalam mewujudkan cita-cita kita.

Meditasi adalah satu-satunya proses di benak kita bagaimana agar dapat membuka pikiran dengan cara yang lembut dan mengubah apa pun yang membatasi kita atau yang membuat tidak bahagia. Meditasi akan membantu kita memahami diri sendiri dengan lebih baik, sehinga lebih mudah berkomunikasi untuk mendapatkan kehidupan yang lebih berarti.

Nah, itulah mengapa meditasi berperan penting dalam kehidupan kita. Mulai sekarang, jangan lupa meluangkan waktu sebentar untuk bermeditasi. (Munadjad Iskandar dalam Live a Healthy Living. Penerbit: PT Elex Media Komputindo)