Find Us On Social Media :

Sakit Dada, Salah Satu Masalah Kesehatan yang Muncul saat Jatuh Cinta

By Ade Sulaeman, Kamis, 11 Februari 2016 | 15:00 WIB

Sakit Dada, Salah Satu Masalah Kesehatan yang Muncul saat Jatuh Cinta

Intisari-Online.com - Ada istilah cinta itu menyakitkan. Ternyata ungkapan ini disetujui oleh dokter dan ilmuan juga, lho.  Ada sejumlah penelitian yang sudah melihat adanya hubungan antara cinta dan gangguan kesehatan. Ini dia 4 masalah kesehatan yang muncul saat jatuh cinta.

1. Sulit tidur

Gangguan sulit tidur terjadi karena begitu banyak dopamine dan norepinephrine yang dihasilkan oleh tubuh kita.

“Sehingga tubuh kita seperti kebanyakan tenaga dan selalu dalam kondisi waspada,” jelas Dr Helen Fisher ilmuan dari Rutgers University. “Hormon ini memang membuat kita bertenaga, wajah menjadi memerah dan biasa terjaga hingga subuh.”

2. Gangguan konsentrasi

Lagi-lagi hormon dopamine yang dikeluarkan saat jatuh cinta membuat kita jadi fokus pada satu objek aja, yaitu orang yang kita cintai. Kita fokus pada baju yang dipakai, apa yang diucapkan.

Pokoknya semua hal pada orang itu sampai sedetil-detilnya. Jangan heran juga saat jatuh cinta, orang bisa terobsesi dan mengejar orang yang ditaksir. Karena kita fokus pada satu hal, kita jadi sulit berkonsentrasi pada hal-hal diluar itu.

3. Sakit dada

Ketika kita jatuh cinta, orang sering merasa sakit dibagian dada hingga sulit bernafas. Menurut Helen Fisher, saat jatuh cinta sirkuit di otak kita terjadi dengan hal-hal yang berhubungan dengan kepanikan dan kecemasan dan ini berpengaruh juga pada dada kita  yang sakit.

4. Rasa mual

Kebanyakan orang ketika sedang nervous atau stress soal hal-hal yang penting dalam hidup, mendadak menjadi mual.  Karena jatuh cinta adalah salah satu hal yang penting dalam hidup manusia, maka ketika orang jatuh cinta sering muncul rasa mual itu.

Rasa mual terjadi akibat dilepaskan hormon  norepinephrine, dopamine dan cortisol yang membuat aliran darah menjauh dari perut. Dan ketika itulah perasaan mual muncul.

(kawankumagz.com)