Find Us On Social Media :

5 Cara Mudah Stimulasi Otak Kiri Anak agar Jago Matematika

By Ade Sulaeman, Selasa, 16 Februari 2016 | 15:20 WIB

5 Cara Mudah Stimulasi Otak Kiri Anak agar Jago Matematika

Intisari-Online.com - Jika kita ingin anak mampu berpikir rasional, teratur, berurutan, rinci, sistematis, dan analitis, maka kita harus mengikuti cara mudah untuk menstimulasi otak kiri anak.

“Jadi bagian otak kiri digunakan untuk berpikir mengenai hal-hal yang bersifat matematis dan ilmiah serta memfokuskan diri pada garis dan rumus, dengan mengabaikan kepelikan tentang warna dan irama. Otak kiri adalah hal-hal yang selalu berhubungan dengan angka-angka, bahasa analisa, logika, intelektual, dan ilmu pengetahuan,” tutur Niesa Handayani, S.Psi., PGD, Trainer dan Research & Development Senior Staff di  BIMBA AIUEO (Yayasan Pengembangan Anak Indonesia).(Baca juga: Inilah Dampak Buruk yang Terjadi pada Otak Anak Jika Sering Dibentak Orangtua

Nah, berikut 5 cara mudah menstimulasi otak kiri anak yang dimaksud:

1. Bacakan cerita yang berkualitas dengan bahasa yang benar untuk memperkaya kosa kata dan latih anak menggunakan struktur bahasa yang benar.

2. Latih daya ingat dan logika berpikir anak. Caranya, minta anak mengulang membaca, kemudian lakukan tanya jawab. Dengan begitu anak dibiasakan berpikir dan mengingat apa yang baru dipelajari.

3. Bermain tebak-tebakan bentuk atau warna sambil makan atau menonton teve sehingga anak bisa belajar dalam suasana menyenangkan. Ingat, masa kanak-kanak adalah masa bermain.

4. Ajak anak bermain dan mengamati, lalu ajak berbincang-bincang mulai dari masalah yang sederhana sampai yang rumit. Misal, mengamati langit, mengapa warna langit berubah gelap ketika akan hujan dan terang saat matahari muncul, dan sebagainya.

5. Biasakan anak bertindak rapi dan disiplin. Misal, membiasakan anak meletakkan kembali barang-barang di tempatnya.

Sementara untuk menstimulasi otak kanan, silakan baca artikel berikut ini

(tabloidnova.com)