Find Us On Social Media :

5 Alasan Mengapa Hubungan Beracun Bisa Menghancurkan Hidup Kita

By Lintang Bestari, Sabtu, 20 Februari 2016 | 15:00 WIB

5 Alasan Mengapa Hubungan Beracun Bisa Menghancurkan Hidup Kita

Intisari-Online.Com – Beracun artinya membahayakan, bahkan bisa membunuh kita. Hubungan yang “beracun” mengambil alih hidup kita, mengurangi kepercayaan diri dan membunuh mimpi-mimpi. Hubungan yang seperti itu bisa membahayakan kita tanpa disadari. Jika kita merasa hubungan percintaan yang dijalani membuat kita merasa kurang dan pasangan selalu membandingkan kita dengan orang lain, maka itu salah satu contoh hubungan beracun. Hubungan yang beracun bisa menghancurkan hidup kita dan inilah 5 alasannya:

Merusak kepercayaan diriKepercayaan diri dipengaruhi oleh hubungan kita. Menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga yang menyukai keberadaan kita, mengakui bakat, menerima kepribadian dan merayakan keunikan diri kita, pasti bisa  meningkatkan kepercayaan diri kita. Sementara, hubungan beracun dengan orang yang tidak menghargai kita, mau tak mau pasti meruntuhkan kebanggan kita pada diri sendiri, menggerus kepercayaan diri seperti hujan mengikis batu yang kuat.

Menghabiskan energiHubungan beracun seringnya menjadi seperti lari marathon. Ia memburu usaha kita untuk memastikan orang lain bahagia. Otak kita selalu berpikir lebih bagaimana cara membuat mood atau kebutuhan orang itu terpenuhi sehingga tidak membuat mereka kecewa. Waktu yang dihabiskan bersama jadi tentang “mereka”, hanya ruang kecil yang tersisa untuk kita berbagi pikiran dan perasaan.

Penuh hal negatifHubungan beracun sangat negatif. Selalu ada yang salah dari diri kita, entah situasi, teman-teman atau keluarga mereka, ekonomi, cuaca, dan kita merasa tertekan karena harus membuat hal itu lebih baik bahkan ketika situasinya di luar kontrol kita. Pikiran dan mood kita dipengaruhi oleh kenegatifan dan ketidakbahagiaan mereka tanpa ada kesenangan sama sekali.

Mempengaruhi hubungan selanjutnyaKita belajar dari contoh dan pengalaman. Hubungan beracun, meskipun tidak sehat, menjadi familiar bagi kita sehingga di hubungan selanjutnya kita mencari hal serupa. Sayangnya, kita jadi tidak menyadari jika bertemu hubungan yang sehat. Hubungan beracun membuat skeptis dan rasa tidak percaya kita muncul bahkan ketika seseorang memperlakukan kita dengan baik.

Meningkatkan stres dan mempengaruhi kesehatanTidak peduli berapa umur kita, kesehatan merupakan hal penting untuk mendapatkan kualitas hidup yang baik. Sementara kita tidak bisa mengotrol faktor kesehatan lain seperti DNA atau sejarah keluarga, kita bisa membuat pilihan apakah stres dari hubungan percintaan layak menjadi perusak kesehatan. Hubungan beracun memberikan stres yang mempengaruhi mental dan fisik kita.

Itulah 5 alasan mengapa hubungan beracun menghancurkan hidup kita. Jujur pada diri sendiri: jika Anda berada dalam hubungan beracun, sebaiknya berani membuat pilihan untuk keluar dari hubungan itu.