Find Us On Social Media :

Jangan Salah Menilai Penderita Skizofrenia

By Tika Anggreni Purba, Kamis, 25 Februari 2016 | 07:00 WIB

Jangan Salah Menilai Penderita Skizofrenia

Intisari-Online.com – Karena kurangnya pengenalan kita akan penyakin psikis Skizofrenia, kita cenderung melabel mereka dengan persepsi negatif dan mulai mengucilkannya. Berikut lima hal yang harus kita pahami mengenai Skizofrenia:

* Penderita Skizofrenia tidak melakukan kekerasan

Banyak penelitian yang membuktikan seseorang yang menderita penyakit mental cenderung menjadi korban maupun pelaku kekerasan. Kisah-kisah mengenai pelaku penembakan, pembunuhan, dan pembantaian sering dinyatakan mengalami gangguan mental. Sehingga kita cenderung berpikir penderita gangguan mental sangat rentan dengan kejahatan dan kekerasan. Padahal mereka dengan gangguan ini adalah orang yang kreatif dan baik. Penderita Skizofrenia adalah orang yang berjuang melawan dua kesalahpahaman yang berperang dalam kepalanya.

* Mereka manusia biasa

Jangan bedakan penderita skizofrenia dengan kita. Mereka dan kita sama-sama manusia biasa. Mereka memang cenderung berpikir lebih dalam dari orang lain. Sikap atau tindakan aneh yang mereka lakukan adalah reaksi dari pikiran dalam otak mereka yang berbeda dari manusia kebanyakan.

* Skizofrenia bukan berkepribadian ganda

Banyak yang mengira penderti skizofrenia pasti berkepribadian ganda dan sebaliknya. Padahal pandangan ini salah. Skizofrenia adalah gangguan mental karena penderita seolah memiliki “dua pikiran”, bukan dua kepribadian. Mereka cenderung mengalami psikosis seperti keyakinan bahwa mereka melihat dan mendengar hal-hal yang tidak ada. Mereka juga sering berkhayal, berhalusinasi/paranoid, dan mengalami sesuatu yang tidak nyata. Dan beberapa penderita menyadari hal itu dan semakin membingungkan mereka.

* Bisa disembuhkan

Skizofrenia bukanlah penyakit mental yang bersifat seperti kutukan seumur hidup. Masalah ini dapat ditangani dan diatasi, agar mereka bisa hidup normal di masyarakat. Jangan salah menilai penderita gangguan ini, mereka bahkan bisa memberikan kontribusi yang lebih besar dari kita yang tidak mengalami gangguan.

* Tidak semua penderita memiliki gejala yang sama

Skizofrenia tidak memiliki gejala umum yang sama. Masing-masing penderita memiliki kasus dan keunikannya sendiri. Ada yang mengalami psikosis, ada pula yang hanya mengalami halusinasi. Beberapa orang mungkin mengalami tiga gejala sekaligus misalnya psikosis, paranoid, dan delusi. Karena Skizofrenia adalah gangguan spektrum, ada berbagai macam manifestasi dari penyakit ini.

Penderita skizofrenia berusaha untuk menjaga keseimbangan antara pikiran dan realitas mereka. Mereka juga berusaha untuk memiliki hidup normal dan seimbang. Jangan memiliki pikiran yang konservatif dalam menilai mereka. Karena mereka juga manusia biasa yang ingin hidup normal.