Find Us On Social Media :

Merasa Tak Memiliki Ide? Inilah Cara Meningkatkan Kreativitas! (2)

By Lintang Bestari, Minggu, 28 Februari 2016 | 09:00 WIB

Merasa Tak Memiliki Ide? Inilah Cara Meningkatkan Kreativitas! (2)

Intisari-Online.comPernahkah Anda merasa dikelilingi oleh orang-orang kreatif, namun tidak memiliki ide untuk diri sendiri? Pada dasarnya, semua manusia sangat kreatif. Hanya saja kita terkadang sangat sulit untuk menemukannya. Jangan khawatir, ada beberapa cara untuk meningkatkan kreativitas. Inilah cara-cara tersebut:

Ruang kerja berantakanOrang bijak berkata, ruang kerja yang rapi merupakan hal esensial dari produktivitas. Namun, bukankah kreativitas sesuatu yang tidak biasa? Para peneliti menemukan bahwa meja kerja yang rapi membuat kita memiliki “tingkah laku yang baik”. Sementara, meja kerja yang berantakan justru memberikan banyak pilihan dan merangsang ide-ide baru.

Mencari inspirasi di kedai kopiSuara yang terlalu berisik atau terlalu tenang bisa menghalangi kreativitas. Namun, suara berisik sebagai “latar belakang” justru membuat ide mengalir. Dalam sebuah eksperimen yang dipublikasikan pada Journal of Consumer Research, suara berisik sebagai ambien – seperti saat kita fokus dengan laptop di sebuah kedai kopi – menghasilkan pemikiran-pemikiran baru dan berbeda.Atur lampu remang-remangMenurut penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Environmental Psychology, bekerja di bawah lampu remang-remang bisa menanamkan rasa kebebasan yang akan melahirkan kreativitas dibanding lampu kerja biasa.

Menghabiskan waktu di negara lainMelihat budaya negara lain membuat kita memiliki pandangan berbeda. Hal itu merangsang pemikiran inovatif dan fleksibel.

Itulah cara untuk meningkatkan kreativitas. Selamat mencoba! (huffingtonpost)