Find Us On Social Media :

Enam Cara Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional (2)

By Okke Nuraini Oscar, Minggu, 28 Februari 2016 | 12:30 WIB

Enam Cara Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional (2)

Intisari-Online.com - Kecerdasan emosional (EQ) sangat penting dalam pembentukan, pengembangan, pemeliharaan, dan peningkatan hubungan pribadi yang dekat. EQ dapat berkembang dan meningkat dengan keinginan kita untuk belajar dan tumbuh. Berikut adalah enam kunci untuk meningkatkan kecerdasan emosional Anda:4. Kemampuan untuk Tetap Proaktif dalam Menghadapi Masalah.

Sebagian besar dari kita mungkin pernah menghadapi orang yang sulit di tempat kerja atau bahkan di lingkungan rumah. Sangat mudah untuk membiarkan orang mempengaruhi emosi kita dan merusak hari. Ada beberapa kunci untuk tetap proaktif dalam situasi seperti itu. Ketika Anda merasa marah dan kesal dengan seseorang, sebelum Anda mengatakan sesuatu yang mungkin Anda sesali nanti, ambil napas dalam-dalam dan hitung perlahan-lahan sampai sepuluh. Dalam sebagian besar keadaan, pada saat Anda mencapai hitungan kesepuluh, Anda akan menemukan cara berkomunikasi yang lebih baik sehingga Anda dapat mengurangi, bukan memperumit masalah. Jika Anda masih marah setelah menghitung sampai sepuluh, Anda bisa hindari orang tersebut sementara, ambil waktu untuk keluar sebentar, kemudian tinjau kembali masalah setelah Anda tenang.

5. Segera Bangkit dari Keterpurukan

Hidup tidak selalu mudah. Kita semua tahu itu. Bagaimana kita memilih cara untuk berpikir, merasa, dan bertindak dalam hubungannya dengan tantangan hidup sering dapat membuat perbedaan antara harapan atau putus asa. Dengan setiap situasi menantang yang kita hadapi, tetap optimis dan ajukan pertanyaan konstruktif pada diri sendiri berdasarkan pembelajaran dan prioritas, sehingga kita bisa mendapatkan perspektif yang tepat untuk membantu mengatasi situasi yang dihadapi.

6. Ekspresikan Rasa Sayang

Kemampuan untuk mengekspresikan secara efektif kasih sayang adalah penting untuk mempertahankan hubungan pribadi yang erat. Dalam hal ini, "efektif" berarti berbagi perasaan intim dengan seseorang dalam hubungan yang tepat, dengan cara yang saling membangun. Penelitian dari psikolog Dr. Gottman mengungkapkan bahwa hubungan dekat dan sehat, akan saling memberi satu sama lain. Kata-kata dan gerak tubuh dapat menjadi variasi dalam menunjukkan kasih sayang. Hal tersebut sangat penting untuk pemeliharaan dan pengembangan hubungan pribadi. (Preston Ni/ psychologytoday