Find Us On Social Media :

Agar Lebih Akrab dengan Mertua

By Tika Anggreni Purba, Selasa, 1 Maret 2016 | 07:00 WIB

Agar Lebih Akrab dengan Mertua

Intisari-Online.com – Fenomena hubungan kurang baik dengan mertua bisa jadi momok mengerikan bagi pasangan yang akan menikah. Memelihara hubungan agar tetap akrab dengan mertua juga menjadi tugas wajib bagi setiap pasangan suami istri. Bagaimana caranya? Simak tips berikut!

-Tetap katakan ya dan anggukkan kepala kita untuk setiap hal yang diharapkannya. Mengiyakan pilihannya bukan berarti kita tunduk di bawah kendalinya. Dengan tidak melawan atau menolaknya setidaknya beliau merasa nyaman.

-Sering tunjukkan keahlian kita pada mereka. Misalnya menjadi istri yang semakin pintar memasak dan suami yang lihai melakukan perbaikan-perbaikan di rumah mertua.

-Tidak usah terlalu mencampuri urusan mertua, kecuali kita sudah diberikan izin untuk menangani persoalan itu.

-Kurangi untuk mengadukan sifat dan sikap anaknya pada mertua. Bagaimanapun, membicarakan pasangan kita pada orangtuanya sendiri kuranglah bijaksana. Bukannya berempati, malah bisa terjadi salah paham.

-Jangan merasa rugi untuk memberi waktu, daya, tenaga, dan doa untuk mertua. Sebaiknya kurangi kepelitan pada keluarga mertua dan lebih rendah hatilah untuk melakukan kebaikan untuk mereka. Jangan malas-malasan di depan mereka.

-Walau mertua kita mungkin orang yang kaku, upayakan untuk menghadirkan candaan pada mereka sesekali. Coba cari tahu kesukaan mereka. Misalnya ibu mertua menyukai sinetron, walau tidak suka sinetron, kita bisa jadikan hal tersebut jadi bahan perbincangan seru.

-Ketika berkunjung ke rumah mereka, bawalah hadiah yang berkesan sebagai tanpa perhatian pada mereka.

-Kalau keluarga mertua kita adalah orang-orang yang baik, jagalah kepercayaan mereka pada kita. Jangan sampai mereka menilai kita dengan buruk karena kita kurang menghargainya.

-Mertua biasanya akan lebih senang jika kita bergaul dan akrab juga dengan saudara-saudara ipar.

-Jangan buat mereka merasa kita merebut anaknya. Kalau anda istri, sesekali ajaklah ibu mertua untuk memasak bersama. Seorang ibu pasti masih memiliki keinginan untuk memasak bagi anaknya.

-Dahulukan mereka dalam hal apapun juga. Untuk naik mobil dan memasuki ruangan tertentu.

-Jangan memarahi pasangan anda di depan mertua Sejatinya ketika kita sudah menikah dengan seseorang, orangtua pasangan adalah orangtua kita juga. Jangan bedakan perlakuan kita, mereka adalah keluarga yang harus kita lindungi. Bagaimana, sudah siap lebih akrab dengan mertua?