Find Us On Social Media :

20 Alasan Mengapa Anak Remaja Sering Marah Kepada Orangtuanya (2)

By Tika Anggreni Purba, Kamis, 10 Maret 2016 | 15:00 WIB

20 Alasan Mengapa Anak Remaja Sering Marah Kepada Orangtuanya (2)

Intisari-Online.com – Kemarahan akibat emosi yang tidak stabil sering terjadi pada usia remaja. Anak remaja cenderung menjadi lebih sensitif, khususnya tentang apa yang dilakukan oleh orangtuanya.

Orangtua kadang tak habis pikir, mengapa sulit sekali mengajari anak yang mulai beranjak dewasa. Pertengkaran anak remaja dan orangtua pun sering tidak terelakkan. Bahkan kita mungkin sering bingung, mengapa anak remaja menjadi gampang sekali marah?

Selain karena emosi remaja yang sangat labil, berikut 20 pemicu kemarahan remaja yang pelu kita ketahui:

* Remaja marah ketika orangtua membicarakan mantan kekasih orang tua di hadapannya

Remaja akan sangat merasa buruk ketika  orang tua membicarakan mantan kekasih atau mantan istri atau mantan suami di hadapan mereka. * Remaja marah ketika orangtua berusaha menyelesaikan segalanya baginya

Misalnya ketika Anda memutuskan mengubungi kenalan Anda di sekolahnya, ia akan merasa sangat marah. Ia merasa tidak dipercaya saat Anda berusaha menyelesaikan apa yang sebenarnya bisa dilakukannya sendiri. * Remaja menjadi marah jika orang tua terlalu memanjakannya

Yakinlah ini sebuah kenyataan, bahwa anak remaja tidak suka jika orang tua terlalu memanjakannya. Apalagi jika menjadi pilih kasih dan membedakannya dengan saudaranya yang lain.

* Remaja marah ketika orang tua terlalu ikut campur dengan guru mereka

Lebih baik orangtua tidak melakukan pertemuan dengan guru atau pelatih mereka di hadapan anak remaja secara langsung. Kalaupun Anda ingin, lebih baik tanpa sepengetahuannya.

* Remaja bisa marah jika orang tua bertanya bagaimana kesehariannya

Tujuan kita mungkin baik, tapi berhentilah untuk bertanya bagaimana dan apa yang dilakukannya di sekolah. Remaja cenderung suka menilai perhatian orang tua sebagai tuntutan untuk memberikan penjelasan mengenai prestasinya di sekolah.

* Remaja marah dengan orang tua yang emosional