Find Us On Social Media :

Ucapkan 10 Kalimat Ini Agar Anak Bahagia (2)

By Ade Sulaeman, Jumat, 11 Maret 2016 | 15:45 WIB

Ucapkan 10 Kalimat Ini Agar Anak Bahagia (2)

Intisari-Online.com - Perkataan adalah sebuah doa. Dan anak adalah harta orangtua yang paling berharga. Maka saat orangtua berbicara pada anak, pilihlah perkataan yang positif dan membuat buah hati merasa bahagia.

Caranya dengan mengucapkan kalimat-kalimat yang dapat membuat anak bahagia berikut ini:

6. “Selamat, ya! Kamu hebat! Ibu bangga!”

Kata-kata yang positif memberikan semangat dan meningkatkan rasa percaya diri. Jadi ketika anak mendapatkan prestasi atau pencapaian baru, sekecil apapun, berikan pujian dengan tulus. Lontarkan rasa bangga Anda sehingga anak merasa bahagia.

7. “Maaf ya, Dik, ternyata Ibu yang salah.”

Ini penting untuk memberikan contoh dan pengertian pada anak bahwa kita harus mengatakan yang sebenarnya dan berani mengakui kesalahan. Sertakan alasan yang rasional, bukan untuk membela diri.

8. “Kak, tolong Ibu melakukan…”

Saat orangtua meminta tolong, selain membiasakan kata ‘tolong’ untuk meminta sesuatu, efeknya anak menjadi merasa dipercaya untuk bisa melakukan sesuatu dan dilibatkan dalam kegiatan di rumah. Mulailah dengan hal-hal yang sederhana dan anak tidak kesulitan untuk melakukan.

9. “Ayo kita coba bersama!”

Anak selalu menunggu momen kebersamaan dengan orangtuanya. Jadi ketika ada waktu di sela-sela kesibukan atau di akhir pekan, ajak anak untuk melakukan hal-hal yang ia senangi. Entah membantu anak mengerjakan prakarya, memasak bersama, atau bermain puzzle bersama.

10. “Sekarang waktunya kamu memutuskan. Ibu akan mendukung”

Ini adalah ucapan orangtua yang membuat anak bahagia. Penting kiranya mengajarkan anak membuat keputusan sendiri dan bertanggung jawab atas pilihannya. Namun, jangan lupa untuk beri arahan terlebih dahulu, apa dan bagaimana konsekuensinya. Dengan belajar membuat keputusan anak merasa percaya diri, lebih berpikir hati-hati, dan memiliki target dalam hidupnya.

(Ratih Sukma Pertiwi/tabloidnova.com)