Find Us On Social Media :

Fakta Menarik Tentang IQ yang Mungkin Belum Kita Ketahui

By Monalisa Darwin D, Minggu, 13 Maret 2016 | 12:30 WIB

Fakta Menarik Tentang IQ yang Mungkin Belum Kita Ketahui

Intisari-Online.com - IQ atau Intelligence Quontient merupakan penilaian dari kemampuan seseorang untuk berpikir, memiliki akal, dan menanggapi. Biasanya, jika skor test di atas angka 140, maka seorang anak dikatakan jenius dan skor rendah bila menunjukkan angka di bawah 70. Ada banyak fakta menarik tentang IQ yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya, apa sajakah itu?

1. Test IQ mengukur kecerdasan berdasarkan bahasa penalaran, pemecahan masalah, penalaran visual-spasial, logika, pengetahuan umum, dan banyak lagi. Jika bingung, ada banyak test IQ secara online yang bisa dicoba. Pada kenyataannya, setiap test memiliki sistem penilaiannya sendiri, bahkan setiap test memiliki konteks tersendiri.

2. Saat test IQ, ada beberapa faktor yang memengaruhi anak. Misalnya saja, saat berlangsungnya test, anak sedang berada dalam suasana hati atau kesehatan yang kurang baik. Lalu, bagaimana mereka akan mengerjakan test dengan baik? Selain itu, misalnya saja saat anak tidak cukup termotivasi dan hal lain sebagainya yang memengaruhi? Skor IQ nyatanya tidaklah 100% dapat diandalkan.

3. Banyak yang mengatakan bahwa IQ akan berkurang sesuai dengan bertambahnya usia. Para ilmuwan mengatakan bahwa misalnya anak mendapat skor test IQ 125 pada saat ia kela 5 SD, maka pada 6 SD ia bisa saja hanya mendapat skor 120. Namun, sekali lagi yang diingat adalah bahwa IQ merupakan kontekstual. Selain itu, setiap tingkatan memiliki tantangan yang berbeda dalam test.

4. IQ bukanlah segalanya, karena kecerdasan bersifat relatif. Jangan terlalu sombong bila anak kita memiliki skor IQ yang tinggi. Para ahli menyarankan bahwa IQ bukan menjadi ukuran kualitas seseorang. Skala IQ tidak mengukur kemampuan artistik, bakat musik, emosional, dan atribut lainnya.

5. Skor IQ juga tidak semata-mata digunakan untuk membangun karier. Semua orang memiliki kesempatan dan kemampuan yang berbeda-beda. Ada indikasi lain yang bisa dilihat dari anak, misalnya anak ahli dalam logika, tapi belum tentu dalam linguistik dan bila anak memiliki kreativitas, belum tentu dalam hal penalaran analitis. Intinya, skor IQ dapat digunakan untuk membantu serta menilai bakat apa yang dimiliki seorang anak.

Nah, itu dia fakta menarik tentang IQ yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya. (magforwomen.com)