Find Us On Social Media :

Inilah 10 Perbedaan Besar Antara Kecemasan dan Kekhawatiran (2)

By Tika Anggreni Purba, Selasa, 15 Maret 2016 | 11:00 WIB

Inilah 10 Perbedaan Besar Antara Kecemasan dan Kekhawatiran (2)

Intisari-Online.com – Apakah kita termasuk salah satu orang yang sering menyamakan antara khawatir dan cemas? Maka pandangan tersebut tidaklah benar. Walaupun saling terkait untuk menggambarkan perasaan resah, gelisah, dan galau, dunia psikologi menjelaskan perbedaan krusial dari dua fase ini. Apa saja?

6. Khawatir biasanya lebih realistis dari kecemasan. Jika kita khwatir akan dipecat karena kinerja yang buruk, maka itu disebut khawatir. Tapi jika kita khawatir akan dipecat karena atasan kita tidak sering memperhatikan atau menegur kita, itu namanya cemas.7. Khawatir cenderung bisa dikendalikan, tapi kecemasan cukup sulit untuk ditangani. Kekhawatiran bisa dikurangi karena kita akan memikirkan solusi dan mencari tahu penyebab kekhawatiran itu. Sulit untuk mengontrol kecemasan sendiri, karena itu butuh pertolongan dari orang lain.8. Khawatir bersifat sementara, namun kecemasan bisa berlangsung sangat lama. Setelah masalah yang dikhawatirkan selesai, biasanya perasaan kahwatir akan berkurang dan hilang. Beda dengan kecemasan yang terjadi dalam jangka waktu yang lama, bahkan bisa berubah dari satu fokus ke fokus lainnya. Misalnya, satu minggu kita cemas tentang pekerjaan, besoknya tentang kesehatan, di hari lain tentang anak-anak. Begitulah jika terjebak dalam lingkaran kecemasan.

9. Khawatir tidak mempengaruhi profesionalitas dan kepribadian, sedangkan kecemasan sangat mempengaruhi kedua hal tersebut. Tidak ada seseorang yang mengambil cuti hanya untuk mengkhawatirkan apakah anak kita akan lulus Ujian Nasional atau tidak. Tapi bagi orang yang cemas, ia akan merasa sangat gelisah, tidak nyaman, dan tidak mampu berkonsentrasi. 10. Khawatiran adalah keadaan psikologis yang normatif, sedangkan kecemasaan tidak. Dalam intensitas tertentu, kecemasan bisa dianggap gangguan mental yang nyata yang memerlukan perawatan psikologis serta obat-obatan.

Kita termasuk jenis yang mana? Coba selidiki, ketika kita mengalami rasa khawatir tentang suatu hal, apakah kita berada di fase khawatir yang normal, atau kecemasan yang berlebihan?

psychologytoday.com