Find Us On Social Media :

Penelitian: Mengunggah Makanan ke Media Sosial Membuatnya Lebih Lezat?

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 16 Maret 2016 | 15:20 WIB

Penelitian: Mengunggah Makanan ke Media Sosial Membuatnya Lebih Lezat?

Intisari-Online.com - Suatu hari kita makan malam bersama teman-teman di sebuah restoran terbaik. Tak lama kemudian, pelayan datang dan menghidangkan seluruh pesanan. Alih-alih mengambil sendok dan garpu, kita justru mengambil ponsel dan memotret makanan-makanan itu. Jepret…

Mengunggah gambar makanan bukanlah fenomena baru, tapi ada penelitian terbaru yang menyebutkan bahwa mengunggah makanan ke media sosial membuatnya lebih lezat. Salah satunya ke Instagram.(Baca juga: Meraup untuk lewat jual beli foto di Instagram

Ini soal persepsi seseorang. Dalam studi yang diterbitkan di Journal of Consumer Marketing, para peneliti menemukan, meluangkan waktu memotret makanan sebelum memakannya, bisa meningkatkan sikap dan evaluasi rasa ketika mengonsumsinya. Mungkin yang paling menarik, konsumen yang mengambil foto dari makanan menganggap dirinya lebih sehat sebelum memakannya dibanding mereka yang tidak melakukannya.

Selain itu, sejumlah penelitian juga menunjukkan, menunda memakan, bahkan hanya untuk sesaat, menyebabkan persepsi yang lebih baik terhadap makanan. Begitu juga dengan memotret.(Baca juga: Instagram Versi 7.5 Kini Bisa Mem-posting Foto Dalam Orientasi Portrait dan Lanskap)

Meski demikian, ada beberapa kalangan yang menyebut bahwa meletakkan ponsel di sekitar meja adalah salah satu bentuk ketidakpantasan. Sekitar 76% orang Amerika Serikat berpendapat seperti in. Selain itu, ada juga beberapa restoran yang tidak berkenan jika salah satu pelanggannya memotret makanan yang dihidangkan sebelum dimakan.