Find Us On Social Media :

Ternyata Ada Maksud Lain di Balik 9 Tingkah Laku Anak yang Paling Menyebalkan Ini

By Tika Anggreni Purba, Rabu, 23 Maret 2016 | 06:00 WIB

Ternyata Ada Maksud Lain di Balik 9 Tingkah Laku Anak yang Paling Menyebalkan Ini

Intisari-Online.com- Tahukah Anda bahwa anak-anak terkadang tidak mampu untuk menyampaikan maksud hatinya dengan jelas. Kadang-kadang ia bertingkah di luar kesabaran Anda.

Jangan sampai gegabah dengan langsung memarahinya. Hal ini adalah tentang Anda harus belajar mendengar dan mengenali maksud lain dari tingkah lakunya yang mengesalkan Anda itu.

  1. Jika anak terus bermain berputar-putar, mengejar-ngejar hewan peliharaan, bergelantungan di mana saja, sering menatap ke luar jendela, dan bergulat dengan saudaranya itu artinya ia ingin berlari, melompat, dan bermain di luar.
  2. Ia terus mengikuti Anda saat mencuci piring, menyapu, dan kemana pun Anda pergi. Bahkan ia mencoba untuk menekan tombol komputer Anda, membuang surat-surat penting Anda, dan mencoba membuka paket Anda. Itu berarti ia ingin membantu Anda.
  3. Ia menolak untuk rutinitasnya misalnya mencuci kaki, menggosok gigi, dan mandi. Ia menolak menggunakan piring hijau dan menginginkan hal yang aneh. Ia bahkan tidak bisa dikontrol untuk makan dan tidur siang. Hal ini berarti ia menginginkan sedikit kebebasan dan kontrol.
  4. Merusak mainan, berebut mainan, melanggar aturan permainan, mengabaikan mainannya sama artinya dengan ia ingin pergi jalan-jalan, bermain musik, dan merindukan Anda. Ia sedang bosan dengan mainannya.
  5. Ia sering menggosok matanya, sengaja melambat-lambatkan dirinya, rewel, merengek, dan mulai bertingkah. Hal ini berarti ia sedang lelah.
  6. Melemparkan makanan di lantai, berjalan ke luar rumah, dan mencoret-coret dinding rumah Anda. Ini berarti ia sedang mencari perhatian Anda, dan ingin diperhatikan.
  7. Dia duduk di pangkuan Anda, memeluk, meringkuk, membuatkan Anda kartu ucapan, melakukan hal-hal konyol pada Anda, mencoba membantu Anda sama dengan ia ingin berkata “Aku mencintaimu”
  8. Ia berbaring, merengek, dan marah bahkan kasar pada dirinya sendiri. Ia tidak makan dan tidak melakukan banyak hal seperti biasanya = aku sakit.
  9. Tidak mau masuk mobil, tidak menempatkan barang-barang sesuai tempatnya, tidak mengerjakan PRnya, dan hanya tidur-tiduran di sofa. Artinya anak Anda membutuhkan sedikit ketenangan dari aktivitasnya.

Sebagai orang tua, kadang-kadang kita perlu berhenti berbicara atau memarahinya. Kita juga perlu memecahkan pesan tersembunyi dari tindakan dan kata-kata anak-anak kita.          psychologytoday.com