Find Us On Social Media :

Menyiapkan Si Kecil Mahir Bersosialisasi

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 24 Maret 2016 | 14:00 WIB

Menyiapkan Si Kecil Mahir Bersosialisasi

Intisari-Online.com - Menyiapkan si kecil mahir bersosialisasi penting dilakukan sedini mungkin. Selain dengan ibu, ayah, dan keluarga terdekat, maka sebaiknya si kecil juga mulai diajarkan untuk bersosialisasi dengan teman seusianya. Jika si kecil pandai bersosialisasi akan menjadi modal kelak untuk bergaul dengan lingkup masyarakat yang lebih luas.

Berikut ini tip agar si kecil mahir bersosialisasi:

- Ajarkan tanggung jawab. Misalnya: melatihnya mengembalikan mainan pada tempatnya, mengembalikan sepatu atau sandal pada rak yang tersedia.

- Beri kepercayaan pada si kecil. Jangan terlalu khawatir serta meragukan kemampuan si kecil. Si kecil akan merasakan kalau kita terlalu khawatir dan terlalu menjaganya. Akibatnha ia tidak punya kepercayaan diri yang cukup untuk bersosialisasi.

- Ajarkan kemandirian. Selalu biarkan si kecil mencoba hal-hal baru yang menarik perhatiannya. Jika si kecil memang tidak bisa, barulah kita menolongnya. Di sini ia akan belajar mandiri, jika ia mandiri maka kepercayaan diri pada dirinya akan terangkat.

- Tumbuhkan rasa empati pada diri si kecil. Ingatkan padanya untuk memperlakukan orang lain sebagaimana ia ingin diperlakukan. Jika ingin orang lain sopan padanya, maka ia harus sopa pada orang lain.

Itulah beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk menjadikan si kecil mahir bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.