Find Us On Social Media :

Ingin Lebih Sehat di Tahun 2016? Lakukan Hal-hal Berikut!

By Lintang Bestari, Jumat, 1 Januari 2016 | 10:30 WIB

Ingin Lebih Sehat di Tahun 2016? Lakukan Hal-hal Berikut!

Intisari-Online.com – Ingin hidup sehat dan berumur panjang? Kita bisa memulainya di awal tahun ini. Lakukan hal-hal berikut agar kita lebih sehat di tahun 2016:

Hindari makanan berpengawetSebuah studi oleh para ilmuwan Georgia State University dalam jurnal Nature tahun ini memperingatkan bahwa emulsifier memiliki efek sangat merusak pada microbiome kita. Emulsifier merupakan bahan campuran yang ditemukan pada makanan olahan seperti es krim dank rim keju. Ketika para peneliti memberikan emulsifier pada tikus, hasilnya sangat tak bagus. Tikus-tikus itu mengalami radang usus dan gangguan metabolisme yang menyebabkan mereka makan lebih banyak. Walhasil, tikus-tikus jadi obesitas. Gula darah mereka pun naik ke level yang tidak sehat dan resisten terhadap insulin sehingga risiko diabetes meningkat.

Banyak berpelukanJika ingin meningkatkan daya tahan tubuh, berpelukan kunci utamanya. Seperti tongkat sihir, pelukan seseorang bisa mengubah detak jantung, menurunkan tekanan darah dan mengeluarkan hormon pembuat bahagia yaitu kortisol. Jadi, banyak-banyaklah berpelukan di tahun 2016!

Hindari teman yang mengecewakan kitaMungkin terdengar klise, namun lingkungan positif merupakan kunci kesehatan. Jangan sampai teman yang menyebalkan membuat mood kita memburuk. Jika memang sudah terjadi, sebaiknya segera kembalikan mood kita. Misalnya, berbicara dengan orang yang mengerti kita atau melakukan terapi.

Tidur cukupKurangnya jam tidur membuat hormon di otak kita tidak seimbang. Mempengaruhi hormon yang mengatur napsu makan, membantu menghilangkan stres, melawan infeksi dan yang memperbaiki kesehatan kulit dan tulang. Kurang tidur membuat risiko sakit jantung dan stroke kita meningkat, kurang fokus, kemampuan mengingat berkurang.

Berjalan kakiBeberapa studi mengatakan bahwa kekuatan otot dan tulang memberikan banyak manfaat kesehatan. Di antaranya menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko diabetes dan kolesterol lebih rendah. Dua studi yang dipublikasikan pada jurnal JAMA Internal Medicine menyarankan kita berolahraga selama 450 menit agar otot kuat dan bisa hidup lebih lama. Salah satu olahraga yang disarankan adalah berjalan kaki.

Itulah hal-hal yang bisa dilakukan agar kita lebih sehat di tahun 2016. Selamat mencoba! (dailymail)