Find Us On Social Media :

Laki-laki Juga Butuh Meditasi

By Moh. Habib Asyhad, Jumat, 8 Januari 2016 | 06:00 WIB

Laki-laki Juga Butuh Meditasi

Intisari-Online.com - Tak hanya perempuan, laki-laki juga butuh meditasi. Jika meditasi pada perempuan diperlukan untuk mencapai ketenangan dan meredakan stres, maka bagi laki-laki, meditasi difungsikan untuk melatih pikiran menjadi lebih segar dan tajam. Baik untuk bekerja, berkomunikasi, atau melaksanakan tugas sehari-hari.

Tak hanya itu, meditasi bagi laki-laki juga bisa meningkatkan produktivitas. Kesalahpahaman umum para lelaki adalah menganggap bahwa bermeditasi sekadar duduk-duduk dan tak berpikir tentang apa pun. Sehingga dianggap tak ada kaitan dengan produktivitas.

Padahal, saat meditasi kita tidak diminta mengosongkan pikiran, melainkan memberikan izin kepada pikiran untuk fokus pada sebuah pengalaman. Sehingga ini memungkinkan kita terhindar dari melalukan pekerjaan secara “brutal”.

Meditasi juga bisa menambah kemampuan atletis. Ingin menguasai gerakan atau alat olahraga tertentu? Keinginan ini bisa kita capai dengan lebih cepat dengan bantuan meditasi. Meditas membantu kita memperhatikan detail, mengembangkan kesadaran yang lebih tajam untuk merasakan sensasi dalam tubuh dan merasakan bagaimana kita bergerak.

Kesadaran itulah yang menjadi kunci kunci untuk pencegahan cedera dan memungkinkan kita untuk berolahraga lebih sering dalam intensitas yang lebih tinggi untuk pencapaian kemampuan atletis yang lebih baik.

Selain membantu kemampuan atletis, meditasi juga membantu kita membentuk otot. Meditasi akan membuat kita sadar apa yang kita makan dan apa yang kita lakukan. Meditasi akan mengubah sebuah “paksaan” untuk makan sehat atau berolahraga menjadi penuh kesadaran dan kasih.

Dengan ini kita akan menemukan titik di mana makan sehat dan olahraga adalah sebuah kebutuhan bukan keharusan. Hasil akhirnya, kita akan menemukan berat dan bentuk tubuh ideal lebih mudah.