Find Us On Social Media :

Beberapa Hal yang Perlu Kita Ketahui tentang Kafein

By Moh. Habib Asyhad, Senin, 11 Januari 2016 | 06:00 WIB

Beberapa Hal yang Perlu Kita Ketahui tentang Kafein

Intisari-Online.com - Kasus yang menimpa Mirna Salihin yang diduga tewas karena keracunan kopi membuat kita kembali bertanya-tanya: apa sebenarnya kafein? Apakah terdapat racun di dalamnya? Sebelumnya lebih jauh bersyak wasangka, sebaiknya kita cari tahu dahulu beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang kafein.

Peneliti dari Johns Hopkins University memperkirakan, 80-90 persen orang di Amerika Utara mengonsumsi kafein secara teratur. Meski beberapa studi menyebutkan manfaat kesehatan kafein, tetapi ada juga risikonya, terutama kalau dikonsumsi cukup banyak. Perkaya informasi Anda mengenai zat ini.

Apa itu kafein?

Kafein adalah obat yang ditemukan secara alami dalam biji kopi, daun teh, atau pun kokoa. Rasanya sangat pahit dan tidak berbau. Para ilmuwan percaya tumbuhan memproduksi kafein sebagai mekanisme bertahan. “Supaya tidak dimakan. Secara alami kafein dibuat untuk menjauhi hama,” kata Jennifer Temple, peneliti bidang kafein dari Universitas Buffalo.

Manusia lalu mengubah zat alami itu menjadi berbagai jenis makanan, minuman, dan juga obat-obatan.

Pengaruhnya pada tubuh

Sesaat setelah menyeruput kafein, ia langsung masuk ke peredaran darah melalui lambung dan usus kecil, lalu efeknya mulai terasa dalam 15 menit. Kafein menghalangi kerja zat kimia otak adenosine, yang terkait dengan rasa kantuk. Kafein juga memicu pelepasan adrenalin yang akan menyebabkan otot mengencang dan meningkatkan detak jantung serta tekanan darah.

Efek fisik dari kafein ini akan hilang sekitar satu jam setelahnya. Konsumsi kafein dosis rendah diketahui menghasilkan mood yang positif, misalnya rasa bahagia, berenergi, lebih waspada, dan juga jadi senang mengobrol.

Tetapi konsumsi kafein rutin akan menimbulkan toleran di tubuh sehingga untuk mendapatkan efek positif yang sama dibutuhkan dosis yang lebih besar.

Batasannya

Untuk orang dewasa yang sehat, FDA merekomendasikan konsumsi kafein tak lebih dari 400 miligran setiap hari, sekitar 4-5 cangkir kopi. Walau begitu, batasan aman kafein bervariasi pada setiap orang. Dalam dosis tinggi kafein sangat berbahaya. Di AS ada laporan remaja yang tewas akibat overdosis kafein bubuk sehingga ia mengalami gangguan irama jantung dan kejang.