Find Us On Social Media :

Perawatan Kulit dengan 'Body Scrub' Alami

By Tika Anggreni Purba, Senin, 18 Januari 2016 | 13:00 WIB

Perawatan Kulit dengan 'Body Scrub' Alami

Intisari-Online.com – Salah satu perawatan untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan menggunakan scrub. Scrubbing berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit untuk membersihkannya dari sel-sel kulit mati, sehingga kulit tampak bersih dan sehat. Walau saat ini beredar begitu banyak scrub dalam kemasan, scrub dengan bahan alami tidak kalah memberikan dampak positif untuk kesehatan kulit. Bahan alami apa saja yang dapat digunakan untuk membuat scrub?

Scrub Gula

Kita dapat membuat scrub dengan gula pasir dengan mudah di rumah. Dengan teksturnya yang tidak terlalu kasar, scrubbing dengan menggunakan gula pasir dapat mengangkat sisa-sisa kulit mati sehingga pori-pori tidak tersumbat. Kulit akan lebih cerah karena digantikan dengan sel kulit yang baru. Selain gula pasir, kita juga dapat menggunakan gula merah yang dihaluskan. Agar scrub lebih menempel, campurkan gula pasir/gula merah dengan beberapa tetes air, atau kita dapat menggunakan olive oil.

Scrub Kopi

Kandungan kafein dalam kopi sangat baik untuk menghaluskan kulit. Kopi yang digunakan sebagai scrub dapat membantu wajah agar sel kulit mati terangkat dan wajah menjadi lebih halus. Selain membuka pori-pori wajah agar tidak tersumbat dengan kotoran, scrubbing dengan kopi juga membantu melancarkan peredaran darah.

Scrub Garam

Garam adalah bahan yang sangat mudah untuk ditemukan dan digunakan sebagai scrub. Garam halus dengan tekstur kasar yang lebih kecil dapat membantu pengelupasan kulit lebih maksimal. Sirkulasi darah akan lebih lancar dengan menggunakan scrub garam ini. Selain itu garam juga bermanfaat untuk membuat kulit lebih kenyal.

Scrub Strawberry

Buah strawberry tak hanya nikmat untuk dimakan, namun juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin C-nya yang sangat tinggi menyegarkan kulit, apalagi kulit yang teriritasi karena sinar matahari. Scrub strawberry dapat diaplikasikan untuk seluruh jenis kulit, dan berfungsi pula untuk membantu pemulihan kulit yang rusak.

Scrub Lemon

Sebenarnya lemon sudah sangat terkenal sebagai salah satu bahan alami untuk perawatan kesehatan kulit. Namun bagaimana dengan scrub lemon? Scrub lemon yang mengandung asam sitrat dan antibakteri dapat melawan kuman dalam pori-pori kulit sehingga kuman penyebab komedo dapat hilang. Karena lemon tidak berstruktur kasar, kita dapat mencampurkannya dengan gula.

Scrub Oatmeal

Nah bahan ini mungkin masih jarang digunakan, namun satu sendok oatmeal sangat baik untuk kesehatan kulit kuta. Scrubbing dengan oatmeal dapat digunakan untuk mencerahkan kulit. Oatmeal yang telah dicampur dengan air atau susu, akan cepat mengering di wajah, dan ini akan membantu pengelupasan kotoran dan kulit mati lebih cepat. Asam amino yang dikandungnya juga berfungsi sebagai antioksidan yang sangat penting bagi kulit.

Nah, bahan-bahannya sangat mudah bukan? Ternyata bahan-bahan alami di sekitar kita sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Kita dapat segera menerapkan facial scrub alami di rumah kapan saja kita mau. Selamat mencoba!