Find Us On Social Media :

Lakukan Hal Ini agar Tetap Aman dari Kuman dan Bakteri di Toilet Umum

By Tika Anggreni Purba, Kamis, 21 Januari 2016 | 15:00 WIB

Lakukan Hal Ini agar Tetap Aman dari Kuman dan Bakteri di Toilet Umum

Intisari-Online.com – Salah satu tempat berkembangnya kuman dan bakteri adalah di toilet. Apalagi jika toilet jarang dibersihkan tapi sering digunakan. Sama halnya dengan toilet umum, semakin banyak orang yang menggunakan, semakin banyak pula kuman dan bakteri yang bersarang. Namun hati-hati, toilet yang terlihat bersih belum tentu benar-benar bersih, bakteri dan kuman yang tidak dibersihkan berdampak kurang baik bagi kesehatan. Lakukan hal-hal berikut agar tetap aman dari kuman dan bakteri di toilet umum.

Jangan Pegang Kenop Pintu

Ketika masuk ke toilet, upayakan untuk tidak memegang langsung kenop pintu. Semua orang cenderung memegang kenop pintu saat masuk ke toilet. Kita tidak pernah tahu kuman apa yang telah berjejak di kenop itu dari pengguna sebelumnya.

Siram kloset sebelum digunakan

Baik itu kloset jongkok maupun kloset duduk, usahakan untuk menyiramnya terlebih dahulu sebelum digunakan. Jangan menyentuh benda-benda di kloset langsung dengan tangan, sebaiknya gunakan tisu ketika menggunakan gayung, maupun menekan tombol flush. Jika kita menggunakan kloset duduk, lapisi dudukan kloset dengan tisu, jika tidak ada pembersih khusus yang disediakan di dalam toilet.

BAB dan BAK tanpa menyentuh kloset

Mungkin posisi ini agak sulit, namun kita dapat bertumpu pada dinding toilet sehingga posisi bokong tidak langsung menyentuh kloset (untuk kloset duduk). Kalau kita adalah tipe orang yang benar-benar mudah terserang penyakit, menggunakan cara ini cukup ampuh agar terhindar dari bakteri dan kuman yang menempel di kloset.

Jangan letakkan barang-barang di lantai toilet

Sebaiknya titipkan barang terlebih dahulu sebelum menggunakan toilet. Walaupun toilet terlihat bersih, bisa jadi kuman akan menempel di tas atau barang bawaan kita jika diletakkan di lantai. Hal ini tentu tidak baik, karena akhirnya kita membawa oleh-oleh kuman toilet ketika pulang ke rumah.

Selalu cuci tangan

Selesai menggunakan toilet, sebaiknya selalu cuci tangan dengan sabun hingga bersih. Keringkan tangan dengan menggunakan tisu atau handuk kecil pribadi daripada tisu toilet umum. Sebaiknya jangan sering-sering menggunakan pengering tangan, sebab kuman dari pengering tersebut dapat berpindah ke tangan melalui udara.