Find Us On Social Media :

Ini Dia Kesalahan Umum yang Dilakukan Orang Selama Diet

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 23 Januari 2016 | 10:30 WIB

Ini Dia Kesalahan Umum yang Dilakukan Orang Selama Diet

Intisari-Online.com - Banyak orang yang melakukan diet sering, namun sebagian tidak mencapai hasil yang diinginkan. Kemudian orang-orang akan bertanya-tanya mengapa mereka tidak berhasil padahal semua yang dilakukan sudah benar. Nah, berikut ini kesalahan umum yang dilakukan orang selama diet yang mungkin tidak disadari:

1. Melewatkan makan

Banyak yang beranggap bahwa menjalankan program diet berarti tidak boleh atau berhenti makan. Nyatanya, melewatkan makan adalah hal yang buruk untuk tubuh. Melewatkan makan justru akan memicu tubuh mengumpulkan lebih banyak lemak karena tubuh akan merasa sulit mendapatkan makanan dan kemudian harus mulai persediaan. Selain itu, tidak makan akan memperlambat metabolisme. Yang terbaik adalah mengonsumsi makanan ringan sekitar 5-6 sehari secara berkala.

2. Terlalu banyak minum jus buah

Jus buah memang asupan yang sehat, namun ada sebagian jus buah yang tidak memiki serat makanan dan pada dasarnya jus buah akan memberi kalori. Banyak orang yang terlalu banyak minum jus buah selama diet, padahal yang terbaik adalah mengonsumsi buah secara utuh daripada dijadikan jus.

3. Tiba-tiba mengubah pola hidup

Banyak yang mengubah pola hidup secara tiba-tiba untuk alasan diet. Misalnya, kebiasaan kita adalah makan pizza keju dan kue coklat sebagai makanan penutup, kemudian tiba-tiba kita langsung beralih ke salad atau sup sayur sebagai menu makanan. Ini tidak akan efektif karena dalam beberapa hari kita akan cenderung menyerah pada godaan makanan. Selanjutnya, rencana diet pun gagal. Kunci memulai diet adalah mengubah menu makanan secara bertahap atau sedikit demi sedikit, bukan mengubahnya drastis secara tiba-tiba.

4. Memiliki konsep yang salah dari jumlah kalori

Bagi kita yang menjalani diet, mengetahui jumlah kalori yang terkandung pada makanan dan kebutuhan kalori yang diperlukan tubuh adalah hal wajib. Jangan sampai kita salah memahaminya yang kemudian menyebabkan kesalahan dalam asupan makanan.

5. Memillih jenis makanan yang salah

Selama diet, kita harus cerdas memilih makanan untuk dikonsumsi, yaitu harus memenuhi nutrisi yang tepat, seperti buah dan sayur. Hindari makanan berminyak dan berlemak.

Itu dia beberapa kesalahan umum yang dilakukan orang selama diet! Selain itu juga, kita harus berpikir positif agar tetap termotivasi dalam berdiet agar mencapai hasil maksimal. (magforwomen.com)