Find Us On Social Media :

Perhatikan Hal Ini Agar Bayi Tumbuh Sehat dan Berkembang Optimal

By Tika Anggreni Purba, Selasa, 26 Januari 2016 | 10:30 WIB

Perhatikan Hal Ini Agar Bayi Tumbuh Sehat dan Berkembang Optimal

Intisari-Online.com– Memiliki momongan memang masa krusial dalam hidup pasangan yang sudah menikah. Tidak hanya merasakan bahagianya memiliki bayi, namun juga khawatir untuk proses tumbuh kembang anak. Anak yang bertumbuh berarti terjadi penambahan berat badan dan tinggi badan. Sedangkan anak yang berkembang ditandai dengan bertambahnya fungsi tubuh misalnya kemampuan berbicara. Nah, agar bayi tumbuh sehat dan berkembang optimal, simak tips berikut ini.

Agar bayi tumbuh sehat, selain dari ASI, mereka juga harus memiliki asupan gizi yang sesuai dengan usianya. Panduan terbaik untuk gizi anak adalah Tumpeng Gizi Seimbang. Kita dapat mengikuti empat pilar TGS agar asupan bagi bayi seimbang. TGS menyarankan untuk makan makanan yang beragam dengan jumlah yang cukup dan proporsional.

Hal ini juga amat penting karena dalam kebersihan, bayi tidak gampang terserang sakit yang disebabkan virus atau bakteri.

Dengan memantau berat badan bayi, kita dapat mengetahui pertumbuhannya. Memantaunya secara teratur akan membantu kita untuk memenuhi kebutuhan apa yang harus dipenuhi agar ia tetap tumbuh sehat.

Kadang orang tua tidak tega melihat anaknya disuntik saat imunisasi. Namun kita harus rela karena imunisasi sangat penting agar anak kebal terhadap berbagai penyakit. Imunisasi sangat penting tidak hanya saat ia bayi, namun hingga ia dewasa. Sebaiknya ikuti aturan yang dianjurkan Ikatan Dokter Anak Indonesia mengenai imunisasi.

Agar anak berkembang, ia harus sering diberikan stimulasi. Bermain dan bercanda dengannya, memberikan sentuhan dan pijatan halus, menggendongnya, mengajaknya tertawa, dan menunjukkan kasih sayang kepada bayi akan merangsang pertumbuhan dan perkembangannya.