Find Us On Social Media :

Kesalahan Umum dalam Merawat Bayi

By Tika Anggreni Purba, Selasa, 26 Januari 2016 | 12:00 WIB

Kesalahan Umum dalam Merawat Bayi

Intisari-Online.com –Sebenarnya, kita pasti menginginkan yang terbaik untuk mendukung proses tumbuh kembang bayi kita. Apalagi jika ia adalah bayi pertama, maka merawat bayi dengan hati-hati adalah fokus utama para orang tua. Namun ternyata, masih ada orang tua yang belum paham dalam manajemen tumbuh kembang anak dan melakukan kesalahan ini dalam merawat bayi.

Mengenakan pakaian yang terlalu ketat dan rapat

Dengan alasan agar bayi tetap hangat, kita sering memakaikan pakaian yang rapat padanya. Padahal pakaian yang terlalu ketat dan rapat membuat kulitnya teriritasi. Bayi pada umumnya mudah sekali merasa kepanasan, sebaiknya berikan ia pakaian yang lebih longgar agar ia tetap nyaman.

Melarangnya memasukkan benda dan jari ke mulut

Ini disebut dnegan fase oral, saat bayi suka sekali memasukkan benda dan jarinya ke dalam mulut. Perlu kita ketahui, fase oral adalah fase yang amat penting dalam perkembangannya, khususnya saat ia belajar makan dan berbicara. Melarangnya justru akan menghambat perkembangannya. Tindakan yang tepat adalah menjaga kebersihan dan keamanan benda mainan itu agar aman dimasukkan ke mulutnya. Kebersihan tangan bayi juga hal utama untuk diperhatikan.

Salah Pakai Pampers

Kadang kita membiarkan bayi menggunakan pampers terlalu lama dan terlalu penuh. Ini pasti akan membuat ruam popok sehingga ia menjadi rewel dan tidak bisa tidur. Penggunaan pampers memang praktis, namun agar kulit bayi tetap terjaga dari iritasi lebih baik menggunakan kain yang sudah dicuci dengan detergen khusus untuk pakaian bayi.

Pakai Bedak Bayi

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah jarang mengganti popok bayi. Selain itu pola membersihkan daerah popok adalah dari depan ke belakang, bukan sebaliknya. Memang kita harus melindungi kulit bayi dari kekeringan, namun menggunakan bedak bayi tidaklah benar sepenuhnya. Butiran-butiran bedak justru dapat menyebabkan lecet saat pergesekan kulit terjadi.

Tidak memperhatikan produk bayi

Masih ada saja orang tua yang menggunakan balsam, bawang, dan bahan-bahan yang menimbulkan iritasi saat bayi sakit. Jika bayi flu atau perutnya kembung, jangan sembarang menggunakan obat. Sama halnya dengan sabun, shampoo, baby oil, baby cream, dan produk perawatan lainnya. Produk yang baik untuk bayi adalah yang berbahan dasar alami serta nonkosmetik.