Find Us On Social Media :

Mengantuk Tak Hanya Disebabkan Kurang Tidur

By Moh. Habib Asyhad, Jumat, 29 Januari 2016 | 13:30 WIB

Mengantuk Tak Hanya Disebabkan Kurang Tidur

Intisari-Online.com - Kurang tidur, oleh kebanyakan orang, dianggap sebagai penyebab utama mengantuk. Tapi benarkah ia hanya satu-satunya musabab? Perlu diketahui, mengantuk tak hanya disebabkan kurang tidur.

Sleep apnea

Sebagian orang merasa sudah cukup tidur, tapi ada kondisi yang sering tak disadari yang mencuri kualitas tidur mereka. Sleep apnea alias mengorok dan henti napas saat tidur dapat terjadi beberapa kali dalam semalam.

Walau kita tak menyadarinya, tapi hal ini dapat membuat tidur terganggu sehingga bangun tidur kita justru merasa loyo. Sleep apnea sering dialami oleh mereka yang kegemukan, karena itu cobalah menurunkan berat badan. Berhenti merokok dan menggunakan alat CPAP (continuous positive airway pressure) juga membantu meringankan gejala sleep apnea.

Asupan yang salah

Makan terlalu sedikit memang bisa membuat tubuh kurang bertenaga, tetapi asupan yang salah adalah penyebab utamanya. Jika menu sarapan kita kebanyakan terdiri atas karbohidrat sederhana seperti roti putih atau donat, kadar gula darah dengan cepat mencapai puncak lalu turun. Suplai energi menjadi tidak stabil.

Solusinya, pilihlah menu sarapan yang sehat. Termasuk di dalamnya protein tanpa lemak dan karbohdirat kompleks, seperti telur dengan roti gandum utuh.

Anemia

Anemia alias kekurangan sel darah merah adalah penyebab utama kelelahan pada wanita. Kekurangan zat besi penyebab anemia bisa dikoreksi dengan mengonsumsi makanan kaya zat besi seperti daging, hati, kerang, atau kacang-kacangan. Suplemen zat besi juga bisa dikonsumsi jika diperlukan.

Gangguan tiroid

Tiroid adalah kelenjar kecil di bagian bawah leher. Fungsi kelenjar ini mengontrol metabolisme. Jika tiroid tidak aktif dan fungsi metabolisme terlalu lambat, kita pun akan merasa tidak berenergi dan berat badan melonjak.

Kebanyakan kafein