Find Us On Social Media :

Perlukah Pergi ke Dokter Gigi Setahun Dua Kali dan Rutin Melakukan 'General Check-Up'?

By Lila Nathania, Minggu, 31 Januari 2016 | 13:00 WIB

Perlukah Pergi ke Dokter Gigi Setahun Dua Kali dan Rutin Melakukan 'General Check-Up'?

Intisari-Online.com – Mitos berkata bahwa kita harus pergi ke dokter gigi setahun dua kali dan rutin melakukan general check-up, perlukah?

1. Perlukah pergi ke dokter gigi setahun dua kali?

Mitos ini bisa dijawab dengan ya atau tidak. Ya jika Anda memiliki penyakit diabetes, merokok, atau memiliki penyakit gusi tertentu. Namun jika tidak, Anda tak perlu terlalu percaya dengan mitos tersebut.

Menurut American Dental Association, jauh lebih penting bagi Anda untuk melakukan perawatan gigi personal di rumah. Anda perlu gosok gigi dengan rutin dan merawat gigi. Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter gigi agar mereka bisa menyarankan seberapa sering Anda perlu melakukan cek gigi.

2. Perlukah general check-up setahun sekali?

Mitos ini juga bisa dijawab dengan ya atau tidak. Menurut data dari sebuah polling, 92% orang Amerika percaya bahwa general check-up setahun sekali harus dilakukan. Walau begitu, menurut Dr. Christine Laine, editor in chief dari Annals of Internal Medicine, hal tersebut bukanlah fakta general.

Bila Anda tidak pernah memiliki histori penyakit tertentu dan secara umum berbedan sehat, general check-up setahun sekali bukanlah kewajiban. Namun bila Anda memang punya histori penyakit tertentu atau keluhan khusus, pemeriksaan rutin adalah hal yang wajib dilakukan.

(yahoo.com)