Find Us On Social Media :

Masih Perlukah Pendinginan Setelah Olahraga?

By Lila Nathania, Minggu, 31 Januari 2016 | 13:30 WIB

Masih Perlukah Pendinginan Setelah Olahraga?

Intisari-Online.com – Mungkin Anda sudah berkali-kali melewatkan pendinginan setelah sesi olahraga dan bahkan tak pernah membersihkan yoga mat. Sebenarnya perlukah pendinginan setelah olahraga dan membersihkan yoga mat setelah dipakai?

1. Perlukah pendinginan setelah olahraga?

Ya. Pendinginan dan peregangan setelah melakukan olahraga merupakan hal yang sangat penting. Menurut Victor Price, asisten direktur olahraga grup di YMCA Anthony Bowen, jangan sampai Anda memutuskan untuk tidak pendinginan lalu langsung mandi setelah olahraga.

Meregangkan tubuh dan pendinginan membuat tubuh seperti dihidupkan kembali serta mengurangi risiko cedera. Peregangan dan pendinginan selama 10 menit saja sudah cukup untuk membuat tubuh tidak sakit-sakit pada malam atau keesokan hari. Jadi pendinginan sangat penting bila esok hari Anda masih berniat untuk olahraga lagi.

2. Perlukah membersihkan yoga mat setelah dipakai?

Ya. Bahkan saat Anda memakai yoga mat dan tidak berkeringat sama sekali, yoga mat tetap perlu dicuci. Yoga mat terbuat dari bahan yang sangat mudah dijadikan sarang bakteri, jadi mencuci yoga mat merupakan suatu keharusan.

Membersihkan yoga mat secara rutin akan membunuh kuman-kuman yang ada di sana. Bila Anda punya yoga mat sendiri, bukan memakai milik gym, bersihkanlah yoga mat itu dengan air yang dicampur dengan cuka. Campuran itu ampuh untuk membunuh kuman-kuman yang bersarang di sana.

(yahoo.com)